Home / Olahraga / Dampak Covid-19, Forum OPD & Musrenbang Kabupaten Digelar Berbasis IT, Ini Harapan Bupati Fakfak

Dampak Covid-19, Forum OPD & Musrenbang Kabupaten Digelar Berbasis IT, Ini Harapan Bupati Fakfak

Laporan : Rustam Rettob / Wartawan

Fakfak – Berbeda dengan tahun -tahun sebelumnya, Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kabupaten Fakfak tahun 2020 yang dilaksanakan saat ini ditengah pandemi Covid-19 yang kini terus mewabah dengan cara menggunakan Information Technology atau berbasis (IT)

Plt. Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Fakfak, Eksan Musa`ad, SE, M.Si dalam laporanya menjelaskan Musrenbang Tingkat Kabupaten Fakfak – Papua Barat, baru bisa dilaksanakan, Jumat, (8/5) bertempat digedung Winder Tuare Fakfak usai Musrenbang 17 Distrik,

Selain itu, Musrenbang Tingkat Kabupaten Fakfak saat ini sempat mengalami penundaan sekali, waktu itu Bupati perintahkan untuk kegiatanya digelar di Distrik Bomberay, namun bertepatan dengan merebahnya pandemi Covid-19 sehingga baru digelar saat ini, Jelas Eksan.

Disampaikan Eksan, Musrenbang Kabupaten Fakfak merujuk pada ketentuan UU Nomor : 17/2003 tentang Keuangan Negara, UU Nomor : 25/2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional,

UU 23/2014 Tentang Pemerintahan Daerah, dan Permendagri Nomor 86/2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah.

Dikatakanya, Forum OPD dan Musrenbang Kabupaten Fakfak kali ini digelar dengan menggunakan aplikasi zoom sebagai fasilitas penunjang ditengah pandemi Covid – 19 ini, tentunya melalui video conference/virtual.

Bahwa berdasarkan surat edaran Mendagri nomor 440/2552/SJ tentang pelaksanaan Musrenbang RKPD Provinsi dan Kabupaten/Kota, Forum OPD dan Msurenbang dengan menggunakan video conference/virtual disebabkan karena kondisi penyebaran pandemis virus corona (covid-19), sekaligus menjaga social distanching dan phsycal distancing.

Plt. Kepala Bappeda dan Litbang Fakfak – Papua Barat, Eksan Musa`ad, SE, M.Si, foto ; rustam rettob / mataradarindonesia.com

Oleh karena itu lanjut Eksan, pemerintah daerah melalui Bappeda dan Litbang Kabupaten Fakfak melakukan penyesuaian dengan memperhatikan situasi serta kondisi daerah sekaligus juga mengoptimalkan pemanfaatan tekhnologi komunikasi dan informasi berbasis on line.

Namun demikian tidak mengurangi substansi terutama berkaitan dengan penajaman sasaran prioritas program dan kegiatannya yang dilaksanakan sesuai prinsip-prinsip perencanaan yang efisien, efektif tepat sasaran serta akuntabel, Jelas Eksan dalam Laporanya saat Musrenbang di Winder Tuare,

Pelaksanaan Forum OPD dan Musrenbang Kabupaten Fakfak, jumat, (8/5) digedung Winder Tuare, forum ini didesain untuk Kepala Distrik Se-Kabupaten Fakfak tetap hadir di Winder Tuare, bersama Bupati dan Muspida lainya,

Sementara semua Kepala OPD mereka memonitor menggunakan aplikasi zoom dari ruang kantor masing-masing,  tentunya menyiapkan materi kaitan dengan Froum OPD dan Musrenbang dimaksud, mereka memantau arahan bupati dan situasi di winder lewat layar yang telah disiapkan oleh Bappeda dan Litbang Fakfak.

Bupati dan Wakil Bupati, serta Sekda Kabupaten Fakfak terlihat serius mendiskusikan beberapa persoalan ditengah kondisi fakfak saat ini, foto ; rustam rettob/mataradarindonesia.com

Bupati Fakfak DR Drs Mohammad Uswanas, M.Si dalam arahan saat pembukaan pelaksanaan Forum OPD dan Musrenbang Tingkat Kabupaten Fakfak mengatakan, saat ini semua pihak mengalami situasi dan kondisi yang sangat berat akibat penyebaran Wabah Covid-19 yang dinyatakan oleh WHO sebagai Pandemi Global.

“Kondisi ini berimplikasi kuat dan sangat luas sampai saat ini terus menyebar secara masif dibeberapa  negara didunia tak terkecuali di indonesia dan telah menyebabkan korban meninggal serta telah mempengaruhi sendi-sendi ekonomi dan sosial, serta

Mempengaruhi kondisi fiskal secara nasional yang tentu berimplikasi pada pengurangan dana transfer ke daerah yang berdampak langsung pada adanya rasionalisasi anggaran serta realokasi dan refocusing yang diprioritaskan untuk percepatn penanganan Covid-19 yang prioritas pada penanganan Kesehatan, Jaringan Pengaman Sosial serta Penanganan Dampak Ekonomi”, Urai Bupati Fakfak.

Lanjut disampaikan Bupati, Kondisi ini tentu akan berdampak pada perencanaan tahun anggaran 2021. oleh karena itu dengan mencermati permasalahan yang dihadapi tersebut, maka bupati tekankan agar setiap OPD dalam merencanakan program dan kegiatan pembangunan agar tetap memperhatikan skala prioritas dengan melakükan penajaman dan klarifikasi usulan sesuai prioritas pembangunan dalam RKPD 2021.

Layar Vidioe Conference, Kepala OPD dlilingkup pemda fakfak saat mengikuti Forum OPD dan Musrenbang Tingkat Kabupaten Fakfak, foto ; rustam rettob/mataradarindonesia.com

Untuk itu, minta Bupati perlu memperkuat struktur anggaran melalui strategi fiskal yang kuat seperti optimalisasi penerimaan daerah baik yang bersumber dari komponen pajak maupun retribusi daerah juga dengan tetap memanfatkan sumber-sumber penerimaan lainnya baik yang bersumber dari APBN, Tugas Pembantuan maupun Dana Dekonsentrasi dan Otonomi Khusus Provinsi Papua Barat seoptimal mungkin.

Selain itu upaya untuk mendorong tumbuhnya iklim investasi tetap terus dilakukan sebagai salah satu komponen penting dalam pembangunan melalui penciptaan iklim investasi, penyederhanaan prosedur perijinan dan non perijinan serta kepastian hukum terutama berkaitan dengan lahan. juga kerjasama kemitraan yang saling menguntungkan dari berbagai pihak.

“Kita menyadari bahwa kebutuhan akan pendanaan pembangunan mengalami peningkatan setiap tahun dan tidak diimbangi oleh kapasitas fiskal yang memadai. oleh karena itu kita perlu membangun sinergi dan koordinasi secara intensif baik dengan pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi papua barat untuk mendapatkan dukungan baik program maupun pendanaan”, Harap Mocha. (RR)

About admin

Check Also

Ketersediaan Air Bersih, Kabid Fispra : Ditargetkan Mencakup Semua Kampung di Fakfak

Fakfak – Walaupun berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Pusat maupun Daerah, namun cakupan pelayanan di ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!