Home / Headline / Samaun Dahlan Ungkap Kedahsyatan Ekonomi Fakfak Baik Andai Dua Program Ini Terealisasi, “PILIH NOMOR – 1”

Samaun Dahlan Ungkap Kedahsyatan Ekonomi Fakfak Baik Andai Dua Program Ini Terealisasi, “PILIH NOMOR – 1”

Fakfak – Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak Nomor Urut – 1, Samaun Dahlan – Clifford H Ndandarmana berjargon #SADAR jamin ekonomi masyarakat Kabupaten Fakfak akan merangkak naik, Samaun Dahlan mengungkapkan kedahsyatan ekonomi fakfak baik andai dua program ini terealisasi kedepan, disamping program unggulan lainya di semua sektor.

Kedua program tersebut yang dimaksudkan adalah pembangunan Bandara Siboru dan Pembangunan Pasar Plaza Thumburuni, sumber pembiayaan kedua proyek tersebut dari APBN dan yang memiliki relasi yang kuat dengan pusat adalah Pasangan #SADAR, bukan sekedar rencana bangun membangun saja.

Kedepan bandara siboru rampung dibangun maka pasti genjot tenaga kerja, invetsor tidak ragu-ragu masuk fakfak karena transportasinya sudah memadai didukung dengan sumber daya alam yang sangat menjanjikkan untuk pembangunan masyarakat, “Bandara ini rampung maka akses ekonomi pasti baik di fakfak”

Calon Bupati Fakfak, Nomor Urut-1, Samaun Dahlan menjelaskan bahwa untuk pembangunan bandara siboru, tidak segampang membalik telapak tangan, tidak sekedar menghayal dan menjadikanya sebagai program tetapi harus memiliki kemampuan terobosan anggaran sebab pembangunan bandara ini genjot dana APBN bernilai triliunan, bukan APBD Kabupaten Fakfak, “Yang punya link ini pasangan #SADAR bukan yang lain”

Samahalnya dengan pembangunan pasar plaza thumburuni, Calon Bupati Fakfak yang memilih Wakil Bupatinya Orang Asli Papua (Clifford H Ndandarmana), Pace SD, sapaan pendek Samaun Dahlan, beberkan sumber pembiayaan pembangunan pasar plaza thumburuni fakfak dari APBN, tentunya juga ditopang oleh APBD Provinsi dan Kabupaten.

Namun untuk mendapatkan anggaran begini besar yang jumlahnya ratusan miliar rupiah tersebut dari pusat harus membutuhkan kerja keras dan orang memiliki relasi yang kuat di pusat, butuhkan orang sekaliber Prof Lafran Pane (Pendiri HMI-red), bukan sekedar kampanye pemerataan pembangunan yang berkeadilan.

“Pembangunan bandara siboru ini kami targetkan akhir tahun 2022 akan landing pesawat berbadan besar, tahapan pembangunan bandara ini menemui tantangan yang cukup besar dibawah kepemimpinan bapak bupati fakfak DR Drs Mohammad Uswanas, M.Si dan alhamdulillah pemerintah pusat telah menganggarkan Rp. 1 Triliun dengan sistim multiyears,

Sementara pembangunan pasar plaza thumburuni pemerintah pusat telah menganggarkan Rp. 105 Miliar, mesikpun semua tahapan ini kami mengalami tantangan tetapi demi masyarakat fakfak hari ini semua tunggu ekseksui lapangan saja”, Beber Samaun Dahlan didamping Calon Wakilnya, Clifford H Ndandarmana.

Mengenai Pasar Plaza Thumburuni, Samaun – Ndandarmana komitmen type pasar ini dibangun menjadi salah satu pasar terbaik di papua barat, Clifford menambahkan pasar ini akan memprioritaskan mama-mama papua terutama Orang Asli Papua di fakfak, sedangkan suadara kita yang nusantara juga pasti diperhatikan,

Nantinya, Pasar Thumburuni yang memiliki luas 9.568 M2 dan berdaya tampung parkir sebanyak 60 unit roda empat dan 175 unit motor ini, akan dibangun 4 lantai.

Pada lantai 1 dengan luas 3.749 M2, akan dibangun sebanyak 416 unit los dagang meja batu. Jumlah ini meningkat tajam dari kondisi di pasar sebelumnya yang hanya menyediakan 75 los dagang meja batu.

Di lantai 2 dengan luas area 4.116 M2, akan dibangun 190 kios, serta los emperan sebanyak 192 unit. Pada lantai 3, dengan luas area 2.623 M2, akan tersedia 84 kios. Sedangkan di lantai 4 yang luas arenya 2.623 M2, akan dibangun 40 unit los campuran dan 39 unit los makanan.

Maka secara keseluruhan tersedia 961 los dagang dengan rincian, 606 los dagang meja batu, 192 los emperan, 124 los campuran dan 39 los makanan, (ret)

About admin

Check Also

Satu Pasien Suspek Tutup Usia di Fakfak, Direktur : Bukan Positif Hasil Pemeriksaan PCR

Fakfak – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Fakfak, dr. Subhan Rumoning usai mengikuti rapat ...

Macmud Singgirei Rumagesan Resmi Jadi Pahlawan Nasional, Sekda Fakfak : Salam Hormat Kami Kepada Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo

Fakfak – Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!