Home / Ekonomi / BKPM Bersuara Soal Kabar Jadi Kementerian Investasi, Bahlil Lahadalia Bakal jadi Menteri

BKPM Bersuara Soal Kabar Jadi Kementerian Investasi, Bahlil Lahadalia Bakal jadi Menteri

Jakarta – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) buka suara terkait rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadikan mereka Kementerian Investasi.

Juru Bicara BKPM Tina Talisa mengatakan hal itu merupakan kewenangan Kepala Negara. Pihaknya akan menjalankan apapun putusan Jokowi.

“Terkait Kementerian Investasi, hal tersebut merupakan kewenangan Bapak Presiden (Joko Widodo) dan BKPM dalam posisi mengikuti arahan Bapak Presiden,” Jelasnya Jumat (9/4).

Soal kewenangan, peran, dan fungsi BKPM dan Kementerian Investasi, dia (Tina Talisa-red) menyebut secara detail akan dijelaskan nantinya. Namun, karena BKPM tak memiliki kapasitas untuk menjelaskan, ia menolak merincinya lebih jauh.

“Mengenai kewenangan, peran, dan fungsi BKPM dan Kementerian Investasi tentu akan dijelaskan lebih detail dalam waktu dekat dan bukan kapasitas BKPM untuk menjelaskan, namun BKPM tentu siap menjalankan apapun yang diputuskan dan diarahkan Bapak Presiden,” lanjutnya.

Sebelumnya, Jokowi akan menaikkan status BKPM menjadi Kementerian Investasi. Dengan kebijakan itu otomatis Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bakal menjadi Menteri.

Artinya, BKPM bakal diubah menjadi Kementerian Investasi, sehingga tidak ada pembentukan kementerian baru, “Setahu saya BKPM nantinya menjadi Kementerian Investasi,” katanya pada Jumat (9/4).

Alasan pembentukan Kementerian Investasi, lanjutnya, agar penanaman investasi dan izin investasi di Indonesia menjadi lebih terfokus di satu pintu. “Supaya perannya lebih efektif saja,” lanjutnya.

Rencana pembentukan itu pun sudah mendapat ‘lampu hijau’ dari DPR RI. Persetujuan mereka berikan melalui Rapat Paripurna yang digelar Jumat (9/4) pagi.

Persetujuan diberikan setelah DPR menerima Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian.

“Sesuai hasil rapat konsultasi pengganti rapat Bamus 8 April 2021 yang telah membahas dan menyepakati: a. Penggabungan sebagian tugas dan fungsi Kemenristek ke Kemendikbud sehingga menjadi Kemendikbud dan Ristek [dan] b. Pembentukan Kementerian Investasi untuk meningkatkan investasi dan penciptaan lapangan pekerjaan,” kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad yang dikutip dari CNNIndonesia.com

Disi lain, Pengusaha menyambut positif rencana pemerintah yang akan menaikkan kelas Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menjadi Kementerian Investasi. Hal ini akan membuat proses perizinan lebih sederhana.

Wakil Ketua Umum Bidang Perdagangan Benny Soetrisno mengatakan saat ini proses perizinan masih cukup panjang. Pasalnya, pengusaha masih harus dapat izin dari pemerintah daerah setempat meski sudah mengantongi izin dari BKPM dan kementerian/lembaga (k/l) lainnya.

“Semakin sederhana buat pengusaha semakin baik. Yang sekarang sudah ada izin investasi dari BKPM dan k/l lain, izin lokasi masih di tingkat 2, kabupaten atau walikota,” ungkap Benny dikutip dari CNNIndonesia.com, Jumat (9/4).

Benny menyatakan jika BKPM naik kelas menjadi kementerian, maka otomatis akan lebih memberikan kepastian dan perlindungan bagi pengusaha. Pasalnya, wewenang yang dimiliki BKPM nantinya akan lebih luas.

Senada, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan kewenangan BKPM kalau sudah naik kelas menjadi kementerian akan lebih besar. Artinya, proses investasi dari promosi hingga eksekusi akan dilakukan oleh Kementerian Investasi tersebut.

“Kalau sekarang yang sudah-sudah repot, BKPM seperti etalase, maksudnya setelah proyek dipromosikan, tapi tidak bisa dieksekusi karena macam-macam misalnya masalah perizinan,” ujar Hariyadi.

Untuk itu, Hariyadi menilai rencana pemerintah yang akan menaikkan level BKPM menjadi kementerian bakal membuat iklim investasi di Indonesia lebih positif, “Bagus bagus, menurut saya bagus, iklim investasi bagus,” jelasnya. (ret)

About admin

Check Also

Jurus Bahlil Lahadalia Mendinginkan Neraka Investasi..!

Bos Lotte Chemical, Kim Yong Ho, bergegas keluar dari ruang kerja Kepala BKPM. Wajahnya Sumringah. ...

Menghambat Investasi, Bahlil : Sama saja Menutup Lapangan Pekerjaan.

Fakfak – Bahlil Lahadalia telah resmi menjabat sebagai Menteri Investasi merangkap sebagai Kepala Badan Koordinasi ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!