Home / Metro / Pemerintahan / Dukung Program Jokowi, Bupati Fakfak Minta PLN Cukupi Pasokan Listrik 24 Jam di Distrik Kokas.

Dukung Program Jokowi, Bupati Fakfak Minta PLN Cukupi Pasokan Listrik 24 Jam di Distrik Kokas.

Fakfak – Bupati Fakfak Untung Tamsil meminta PLN agar dapat mencukupi layanan pasokan listrik selama 24 Jam di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak – Provinsi Papua Barat.

Permintaan itu disampaikan orang nomor satu di Kabupaten Fakfak dalam suratnya berikop Bupati Fakfak berlambang Garuda nomor 671.1/1052/BUP/2021 tertanggal 3 Mei 2021 ditujukan kepada General Manger PLN Wilayah Papua dan Papua Barat di Jayapura.

Surat yang ditandatangani Bupati Fakfak serta dibubuhi stempel itu Perihalnya Percepatan Penyediaan Listrik 24 Jam Nyala di Distrik Kokas melalui System Grid Ekspansi jaringan Kayauni-Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak.

Permintaan cukupi layanan kelistrikan 24 Jam di wikayah itu memperhatikan program Indonesia Terang dan Papua Terang sesuai dengan visi dan misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020- 2024.

Juga Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Fakfak 2021-2024 dalam mewujudkan Masyarakat Kabupaten Fakfak yang Terdepan, Sejahtera, Nyaman, Unggul dan Mandiri (Fakfak Tersenyum). Selain itu memperhatikan Inpres 9 Tahun 2020 tentang percepatan pembangunan kesejahteraan Papua dan Papua Barat

Terkait hal tersebut, melalui percepatan pemenuhan kelistrikan di Kabupaten Fakfak telah mendapat kesempatan untuk membangun beberapa PLTD di wilayah distrik dan kampung seperti pada wilayah Distrik Kokas.

Namun dalam operasionainya belum optimal terlayani hingga 24 jam. Di lain sisi, potensi jarak wilayah Distrik Kokas dengan penyediaan listrik yang saat ini tersedia 24 jam (jaringan yang tersedia di wilayah Kayauni) hanya berjarak 13 km dengan melalui system Grid Ekspansi jaringan Kayauni-Distrik Kokas memungkinkan untuk terlayani pemenuhan listrik untuk wilayah Distrik Kokas.

Beberapa hal yang menjadi urgensi perlunya Optmalisasi pelayanan Listrik 24 jam nyala di Wilayah Distrik Kokas Kabupaten Fakfak berkaitan erat dengan program dan kegiatan Pembangunan Daerah Kabupaten Fakfak yang disandingkan dengan Program Nasional yang sedang berjalan saat in.

Program nasional itu diantaranya kebijakan Tol Laut yang saat ini dilakukan wilayah Distrik Kokas menjadi wilayah centra alur lintas dalam mendistribusikan logistik ke daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan yang diharapkan dapat menurunkan tingkat disparitas harga sesuai dengan kebijakan dimaksud.

Melanjutkan penyambungan/konektivitas dan membuka jalur logistik antar wilayah di Provinsi Papua Barat. Wilayah bagian dari memacu perkembangan invertasi yang berkait dengan proyek LNG Tangguh, Menjadi bagian dari wilayah jalan strategis nasional penyambung antar wilayah.

Sebagai kawasan strategis cepat tumbuh penyambung Teluk Berau di wilayah Papua Barat. Sebagai pusat pertumbuhan baru wilayah yang akan berkembang dalam memenuhi pelayanan bagi kesejahteraan masyarakat.

Memberikan dukungan fasilitas kelistrikan terhadap pemanfaatan potensi unggulan masyarakat (pertanian, perikanan meningkatkan perekonomian masyarakat di wilayah Kokas. dan pariwisata) dalam.

Pemohonan bupati melalui surat resmi ini menjadi bagian dari program target kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak sesuai dengan visi dan misi Tahun 2021-2024 dalam mewujudkan Masyarakat Kabupaten Fakfak yang Tersenyum.

Selain surat Bupati, juga dukungan dan aspirasi masyarakat di wilayah Distrik Kokas yang disampaikan dalam bentuk berita acara dukungan terlampir dalam surat tersebut.

Tembusan surat itu dutujukan kepada Wakil Menteri PUPR RI di Jakarta Ketua DPR RI di Jakarta, Ketua Komisi V DPR RI di Jakarta, Gubernur Provinsi Papua Barat di Manokwari, Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas RI, Bidang Pemerataan dan Kewilayahan Selaku Ketua Sekretariat Desk Papua/Papua Barat Bappenas, di Jakarta.

Juga Wakil Bupati Fakfak di Fakfak, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (PPW) Papua Barat di Manokwari, Manager PT. PLN (PERSERO) UP3 Area Sorong di Sorong, Manager PLN ULP Fakfak di Fakfak, Kepala Bappeda & Litbang Kabupaten Fakfak, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Fakfak di Fakfak, Kepala Distrik Kokas di Kokas dan Kepala Distrik Kayauni di Kayuni. (ret)

About admin

Check Also

Uraian 90 Poin Rekomendasi DPRD Fakfak Terhadap Hasil Pembahasan (Ranwal) RPJMD 2021-2026

Fakfak – Rapat paripurna dengan agenda penyampaian Hasil Pembahasan Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Fakfak Tahun ...

DPRD Fakfak Kembalikan Hasil Pembahasan (Ranwal) RPJMD 2021-2026, Rekomendasi Setebal 33 Halaman Diterima Sekda

Fakfak – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Fakfak setelah menerima dokumen Rencana Awal (Ranwal) ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!