Home / Metro / Kesehatan / Pusat Pelayanan Kesehatan Tingkat Distrik jadi Sorotan DPRD Fakfak, Bupati : Target Kami, Satu Distrik Satu Puskesmas.

Pusat Pelayanan Kesehatan Tingkat Distrik jadi Sorotan DPRD Fakfak, Bupati : Target Kami, Satu Distrik Satu Puskesmas.

Fakfak – Bupati Fakfak, Untung Tamsil menargetkan dalam masa kepemimpinanya bersama Wakil Bupati, Yohana Dina Hindom akan merealisasikan janjinya dimana mengalokasikan setiap Distrik harus memiliki Puskesmas,

Meskipun beberapa distrik sudah memiliki Puskesmas namun bagi dia (bupati-red) akan cukupi distrik yang belum memiliki Puskesmas atau status Pustu dinaikkan menjadi Puskesmas dengan membangun infrastruktur kantor dan fasilitas yang memadai,

Hal ini menurut Bupati, tujuanya untuk dapat mempercepat dan memperpendek rentang kendali pelayanan kesehatan bagi masyarakat di tingkat Distrik, terutama pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Tingkat Kampung, apalagi ditengah situasi Pandemi Covid – 19 saat ini.

Pernyataan ini disampaikan Bupati Fakfak, Untung Tamsil saat memberikan jawaban dan penjelasan terhadap Pendapat Badan Anggaran Dewan (DPRD) Kabupaten Fakfak, Kamis, (30/9) lalu diruang sidang DPRD Fakfak.

Banggar (DPRD) Fakfak sempat menyoroti kondisi beberapa Puskesmas di Distrik-Distrik, baik dari sisi status maupun dari sisi tenaga pelayanya, menurut laporan Banggar (DPRD) Fakfak bahwa kondisi yang disampaikan secara ril terjadi di masyarakat.

Merepson hal itu, satu persatu Bupati memberikan penjelasan bahwa, Puskesmas persiapan Tomage akan di naikkan statusnya menjadi Puskesmas Tomage melalui dana DAK FISIK Tahun Anggaran 2022 yang sesuai standar Pelayanan Kesehatan,

Sedangkan untuk kendala pada Puskesmas Weri Distrik Fakfak Timur, akan menjadi perhatian ia selaku Bupati, apalagi ada persoalan internal, baik soal kepemimpinan, ketersediaan SDM,  Perbekalan kesehatan, program kegiatan serta pelayanan kesehatan dasar pada masyarakat.

Sementara untuk Puskesmas Werba Distrik Fakfak Barat, Bupati menjelaskan bahwa, pada prinsipnya akan dilakukan pendekatan institusi yang melibatkan pemerintahan distrik, kampung, tokoh adat dan masyarakat pemilik tanah adat atas pemalangan yang dilakukan.

“Sedangkan untuk urusan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat Werba akan dilayani oleh Puskesmas Sekban baik secara rawat jalan maupun rujukan”, Jelas Bupati Fakfak.

Mengenai peningkatan Pustu Otoweri / Tomage menjadi Puskesmas, bupati menyampaikan selain Puskesmas yang disebutkan diatas, Puskesmas di distrik – distrik lain akan dibangun secara bertahap dengan target (Satu Distrik Satu Puskesmas)”, Janji Bupati.

Terkahir, Banggar (DPRD) Fakfak meminta dan mendorong agar tenaga magang di Puskesmas Distrik Karas diangkat menjadi tenaga Kontrak, Bupati respon dan akan menindaklanjutinya.

“Terhadap saran agar tenaga magang pada Puskesmas Karas diangkat menjadi tenaga kontrak guna penguatan / peningkatan pelayanan kesehatan Distrik Karas, eksekutif menyampaikan terima kasih dan akan dipertimbangkan yang disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah”, Tutupnya. (ret)

About admin

Check Also

Peluang Investasi Rp. 30 Triliun di Fakfak, Untung Tamsil : Tahap Pendekatan Pembebasan Lahan

Fakfak – Bupati Fakfak, Untung Tamsil menyambut baik hadirnya salah satu Investor yang bergerak dibidang ...

Kementerian Investasi Gelar Serbuan Vaksinasi, Bahlil Serahkan Alkes dan 1.000 Paket Sembako

Fakfak – Dalam rangka mensukseskan program vaksinasi Nasional, Kerja sama Kementerian Investasi/BKPM-RI dengan Pemerintah Kabupaten ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!