Home / Metro / Pemerintahan / Wujud Transparansi Informasi Publik, Penggunaan Dana Kampung di Fakfak Wajib Pasang Baliho.

Wujud Transparansi Informasi Publik, Penggunaan Dana Kampung di Fakfak Wajib Pasang Baliho.

Fakfak – Dalam kurun waktu beberapa tahun terkahir ini, alokasi dana kampung di kabupaten fakfak terkesan tidak transparan baik dari sisi perencanaan maupun penggunaan, hal itu disoroti Badan Anggaran dan Gabungan Komisi DPRD Kabupaten Fakfak.

Selain itu, DPRD Kabupaten Fakfak juga beraharap agar pemda alokasikan sejumlah anggaran yang diperuntukkan kepada lembaga pengawas internal (Inspektorat) tujuanya untuk peningkatan kapasitas dan kualitas tenaga auditor.

Bupati Fakfak merespon usulan badan anggaran DPRD Kabupaten Fakfak bahwa di tahun anggaran 2021 Inspektorat Kabupaten Fakfak telah memprogramkan kegiatan dan mengalokasikan anggaran untuk kegiatan pendidikan dan pelatihan substansial di bidang pengawasan, terutama diperuntukkan kepada pegawai fungsional auditor maupun pegawai fungsional lainnya guna meningkatkan kapasitasnya.

Sementara permintaan DPRD Fakfak agar transparansi dana kampung dari sisi penggunaan, Bupati berharap instansi teknis terkait (inspektorat-red) intens melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap penggunaan dana kampung.

Bupati juga telah memerintahkan kepada Inspektorat Kabupaten Fakfak untuk dapat menindaklanjuti ke kampung-kampung soal sasaran pengguna dana kampung agar bisa mengumumkan setiap kegiatan dan penggunaan dana kampung secara terbuka berbentuk baliho.

Kemudian sebagai informasi dan penjelasan lebih lanjut bahwa eksekutif dalam hal pembinaan kepada pemerintah kampung melalui aparat pengawas internal pemerintah (APIP) juga telah mewajibkan kepada seluruh pemerintah kampung yang berada di Kabupaten Fakfak agar setiap tahun anggaran diwajibkan untuk membuat 2 (dua) papan informasi.

Untung selaku Bupati meminta dua papan nama dalam penggunaan Dana Kampung dimaksud yaitu, Papan Nama untuk pendapatan, belanja dan pembiayaan kampung, dan papan nama realisasi keuangan dan capaian output atas pelaksanaan program setiap tahun

“Papan informasi yang pertama menjalaskan terkait dengan anggaran pendapatan dan belanja kampung  (APBK), yang secara garis besar menginformasikan pendapatan, belanja dan pembiayaan kampung

Kemudian papan informasi/baliho yang kedua menjelaskan terkait realisasi keuangan dan capaian output atas pelaksanaan program dan kegiatan selama satu tahun anggaran”, Tutup Bupati Fakfak, (ret)

About admin

Check Also

Uraian 90 Poin Rekomendasi DPRD Fakfak Terhadap Hasil Pembahasan (Ranwal) RPJMD 2021-2026

Fakfak – Rapat paripurna dengan agenda penyampaian Hasil Pembahasan Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Fakfak Tahun ...

DPRD Fakfak Kembalikan Hasil Pembahasan (Ranwal) RPJMD 2021-2026, Rekomendasi Setebal 33 Halaman Diterima Sekda

Fakfak – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Fakfak setelah menerima dokumen Rencana Awal (Ranwal) ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!