Home / Metro / Pemerintahan / Cuti Bintara PK (Otsus), Pangdam XVIII/Kasuari : TNI Adalah Miniatur Indonesia

Cuti Bintara PK (Otsus), Pangdam XVIII/Kasuari : TNI Adalah Miniatur Indonesia

Manokwari – Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han) mengatakan dirinya selaku pribadi dan Institusi TNI di Kodam XVIII/Kasuari merasa bangga karena telah bertambah prajurit-prajurit baru yang mengawaki TNI Angkatan Darat.

“Hari ini telah lahir prajurit-prajurit Bintara TNI Angkatan Darat yang akan mengawaki TNI Angkatan Darat. Atas nama pribadi dan Komando saya  merasa bangga dan selamat atas pencapaian ini”, Ucapnya secara tertulis yang diterima media ini,

Hal tersebut dikatakan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr.(Han)., saat memimpin apel keberangkatan cuti Bintara PK Otonomi Khusus (Otsus) Kodam XVIII/Kasuari, di lapangan upacara Makodam, Trikora, Arfai 1, Manokwari, Papua Barat, Sabtu (23/10/2021).

Bintara Otsus merupakan program TNI AD dan Pemerintah Papua Barat dalam menyediakan personel Bintara TNI AD bagi Orang Asli Papua (OAP) tahun 2020 lalu.

Sebanyak 1.000 putra dan putri terbaik Papua tersebut telah menjalani pendidikan baik pendidikan dasar maupun kecabangan sehingga mereka siap untuk berdinas di satuan masing-masing.

Di hadapan para Bintara Otsus, Pangdam berpesan agar tidak menyia-nyiakan kesempatan menjadi seorang Bintara TNI AD karena menurutnya mereka adalah pemuda-pemuda terpilih dari seluruh tanah Papua Barat.

“Sekali lagi kepercayaan pimpinan ini jangan kamu sia-siakan, kami semuanya bangga dengan kalian karena telah membuktikan bisa hingga dapat menyelesaikan pendidikan,” ucapnya.

Ia juga menambahkan bahwa seorang Bintara memiliki junior tamtama dan mempunyai atasan perwira sehingga harus bisa menempatkan diri dengan membantu atasan, membina dan memimpin anak buah.

“Kalian sudah buktikan, kalian tidak usah ragu untuk memimpin pasukan di lapangan karena ilmu yang diberikan di Rindam sudah cukup, tinggal kamu kembangkan lagi di lapangan. Kalian harus optimis bahwa kalian pasti bisa,” tegasnya.

Pangdam juga mengajak untuk terus bersyukur dimanapun ditugaskan karena penempatan jabatan adalah amanah dari Tuhan dengan memberikan pembelajaran, pengalaman agar tahu bagaimana bertugas di luar wilayah Papua.

“Tentara Nasional Indonesia adalah miniatur Indonesia di sana ada orang dari Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Ambon NTT, Kupang dan Papua semuanya ada, namun kita tetap Indonesia,” tambahnya.

Pangdam juga mengatakan bahwa rencananya ke depan akan ada juga Tamtama Otsus, hal tersebut sudah dibicarakan dengan Kasad dan Gubernur Papua Barat.

“Itu semua berkat kalian, karena kalian bisa menunjukkan bahwa kalian mampu dan pimpinan Angkatan Darat percaya dengan kalian, kita sedang desain untuk kedepannya tentang Tamtama Otsus, ” jelas Pangdam.

“Jangan sampai melakukan pelanggaran, jangan mengecewakan orang-orang yang mencintai kalian, orang tuamu, saudaramu dan mungkin orang-orang yang kamu cintai. Sekarang terpenting saat ketemu dengan orang tuamu, kamu sujud, ucapkan terima kasih karena telah melahirkan dan membesarkanmu dan kamu bisa menjadi tentara,” pesan Pangdam.

Di akhir, Pangdam berpesan dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini para prajurit untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Kasdam XVIII/Kasuari, Brigjen TNI Djoko Andoko dan para pejabat di jajaran Kodam XVIII/Kasuari lainnya. (ret/rilis)

About admin

Check Also

Gubernur Papua Barat : Target “Fakfak Tersenyum” Berhasil, Lakukan Hal ini

Fakfak – Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan, M.Si saat menghadiri sidang paripurna DPRD Kabupaten ...

Hari jadi Kota Fakfak Ke – 121, WP : Wujudkan Pendidikan dan Kesehatan Gratis, Perhatikan Pengusaha Lokal.

“WAHIDIN PUARADA (MANTAN BUPATI FAKFAK) 2 PERIODE” foto : rustam rettob/mataradarindonesia.com Fakfak – Mantan Bupati ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!