Home / Headline / Penumpang Fakfak Tujuan Sorong Lompat ke Laut Belum Ditemukan,

Penumpang Fakfak Tujuan Sorong Lompat ke Laut Belum Ditemukan,

“Kasat Polairud Polres Fakfak : Belum di ketahui penyebab kejadian tersebut, kami masih terus melakukan pencarian dan pengembangan informasi”

Laporan : Rustam Rettob / Wartawan.

Fakfak – Salah seorang penumpang Kapal KMP Kalabia dari Fakfak tujuan Sorong (Pelabuhan Arar-red) dia memutuskan untuk melompat ke Laut disaat armada tersebut melakukan olah gerak di perairan Fakfak.

Kepala Satian Polisi Perairan dan Udara (Kasat Polairud) Polres Fakfak, Arief Usman Rumra dihubungi mataradarindonesia.com, minggu (31/10) membenrkan kejadian tersebut yang sengaja dilakukan oleh pria asal Jawa ini,

Kasat Polariud menjelaskan kejadian tersebut bahwa pihaknya juga memperoleh informasi dari Nahkoda kapal KMP Kalabia, Fauzi Pranoto kalau ada salah satu penumpang bernama Mustarif (38) penumpang asal Fakfak tujuan sorong melompat ke laut saat armada tersebut olah gerak, Mustarif diketahui alamt sesuai KTP di Aimas – Sorong, Jelas Kasat Polairud.

“Pada hari Sabtu, (30/10) sekira pukul 19.45 Wit (malam) bertempat di Mako Polair Polres Fakfak telah diperoleh informasi dari Kapten KMP Kalabia (Fauzi Pranoto) terkait Adanya Informasi kejadian penumpang tujuan Fakfak Sorong yang melompat  kelaut dari atas  kapal penumpang penyebrangan KMP. Kalabia yang sedang olah gerak menuju rute tujuan Pelabuhan Arar Sorong”, kata Kasat Polairud.

Berdasarkan kronologis kejadian yang disampaikan Nahkoda Kapal KMP Kalabia, Fauzi Pranoto kepada Sat Polairud Polres Fakfak bahwa pada pukul 19.00 Wit (malam) armada tersebut setelah melaksanakan debargasi embargasi penumpang dan barang di pelabuhan fakfak kemudian bertolak menuju pelabuhan arar sorong.

Setelah Kapten Kapal memperoleh informasi dimaksud pihaknya sempat menurunkan kecepatan kapal bahkan kapten melakukan stop engine dan merubah haluan kapal putar kanan untuk melakukan pemantauan dan pencarian terhadap korban.

Saat itu Armada KMP Kalabia sudah melintasi perairan Laut Fakfak pada perairan kolam bandar pada titik koordinat lintang 02 57′ 145 S . bujur 132 16 704 E, Tutur Arief Rumra/Kasat Polairud kepada media ini minggu malam berdasarkan informasi dari Nahkoda Kapal.

“Pukul 19.00 wit setelah melaksanakan debargasi dan embargasi penumpang dan barang dipelabuhan Fakfak, Kapal Penumpang Penyebrangan KMP. Kalabia bertolak dari pelabuhan Laut Fakfak menuju pelabuhan tujuan Arar Sorong

Kemudian pada pukul 19.35 wit Kep Kalabia mendapat Informasi dari ABK Kapal bahwa saat  Kapal KMP. Kalabia yang sedang olah gerak melintasi perairan kolam bandar pada titik koordinat lintang 02 57′ 145 S . bujur 132 16 704 E,

Ada salah seorang penumpang  berjenis kelamin laki – laki melompat kelaut dari atas kapal melalui Cerobong sebelah kanan, kemudian setelah mendengar informasi tersebut Kep Kalabia langsung melakukan stop engine dan merubah haluan kapal putar kanan untuk melakukan pemantauan dan pencarian terhadap korban”, Urai Kasat Polairud mengutip penjelasan Nahkoda KMP Kalabia.

Setelah memperoleh informasi tersebut Kasat Polairud Polres Fakfak, Arief Rumra kemudian bergerak untuk melakukan pencarian dilaut, orang nomor satu di Sat Poalirud Polres Fakfak – Polda Papua Barat itu kerahkan dua unit armada (speedboat) miliknya dan beberapa anggota, sebelum turun ia sempat melakukan komunikasi dan koordinasi dengan beberapa tim terkair yakni KPLP, Polsek KP3 Laut, SAR Fakfak.

“Setelah kami (Sat Polairud Polres Fakfak ) memperoleh informasi saat itu kami respon dan melakukan koordinasi dengan instansi terkait yakni KPLP, Polsek KP3 Laut dan SAR Fakfak sekaligus memerintah anggota Polair Polres Fakfak untuk melakukan pencarian terhadap korban,

Anggota Polairud Polres Fakfak sebanyak +/-10 personil yang dipimpin KBO Sat Polairud dengan menggunakan 2 Unit  Kapal Sat  Polairud KP C3 – 1014 dan KP C3 – 1013 bertolak menuju titik kordinat  lintang 02 57′ 145 S. bujur 132 16 704 E  untuk melakukan pencarian terhadap korban yang melompat dari atas Kapal KMP. Kalabia.

Selama 2 jam lebih berlangsung dilaut, dengan mempertimbangan cuaca di sekitar lokasi pencarian mengalami hujan deras dan Jarak pandang yang terbatas sehingga Anggota Sat Polairud memutuskan untuk memberhentikan pencarian bergerak kembali menuju mako Polairud Polres Fakfak sambil menunggu informasi lebih lanjut”, Urai Iptu Usman Arief Rumra/Kasat Polairud Polres Fakfak.

Sebagai bagian dari rasa kemanusiaan dan tanggung jawab terhadap setiap penumpang yang berlayar mengikuti kapal tersebut, KMP Kalabia juga ikut melakukan pencarian dilokasi kejadian dimaksud, sayangnya pihak kapal bersama tim Poalirud, KPLP Fakfak, KP3 dan SAR, tidak menemukan korban.

Pihak Kapal melalui Nahkoda KMP Kalabia kemudian membuat berita acara tidak ditemukanya penumpang tersebut guna melanjutkan perjalanan ke pelabuhan tujuan Arar Sorong, perjalanan menuju pelabuhan sorong dengan mengangkut 130 penumpang ditambah dengan 10 Unit kenderaan roda dua (Motor) kemarin, Tutup Iptu Arief Rumra.

Berikut identitas korban, Nama : Mustafa (38 Tahun), Suku Jawa, Beragama Islam, dan pekerjaan seorang buruh, dia berlamat di Aimas Sorong, 

 

About admin

Check Also

Nam Air Diurus Pemda Fakfak, Citilink Dalam Upaya Komunikasi KSP.

Fakfak – Bupati Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos, M.Si telah mengeluarkan statement bahwa saat ini pemerintah ...

Ngabalin Tinjau Pelabuhan Laut Fakfak, Janji Laporkan 3 Menteri Tuntaskan Persoalan.

Fakfak – Kunjungan Kerja Komisaris Subholding Pelindo yang juga adalah sebagai Tenaga Ahli Utama Kantor ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!