Home / Metro / Kesehatan / Sasaran 3 Puskesmas di Fakfak, Kemenkes Luncurkan Program (NS), Berikut Penjelasanya.

Sasaran 3 Puskesmas di Fakfak, Kemenkes Luncurkan Program (NS), Berikut Penjelasanya.

Fakfak – Kabupaten Fakfak menjadi salah satu kabupaten di Indonesia yang menjadi lokus penempatan tenaga kesehatan Penugasan Khusus Nusantara Sehat Tim dan Nusantara Sehat Individu Batch 19 Tahun 2021 dari Kemenkes RI.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak, Gondo Suprapto melalui Press Releasenya, Senin, (8/11) kepada mataradarindonesia.com bahwa, Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat Tim sebanyak 5 orang terdiri dari profesi Dokter Gigi, Analis Kesehatan, Bidan,

Dikatakan lebih lanjut bahwa, Perawat dan Tenaga Promosi Kesehatan, akan di tempatkan di Puskesmas Karas dan akan bekerja selama 2 tahun.

Sedangkan Tenaga Kesehatan Nusantara Sehat Individu terdiri dari 2 orang dokter umum akan ditempatkan di Puskesmas Kramongmongga dan Puskesmas Werba.

Sebelumnya juga telah ditempatkan 1 orang tenaga kesehatan Nusantara Sehat Individu yang berasal dari Profesi Kefarmasian di Puskesmas Degen, demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak Gondo Suprapto, SKM, M.Si kepada awak media melalui WA.

“Nusantara Sehat merupakan upaya kesehatan terintegrasi mencakup aspek preventif, promotif, dan kuratif melalui penugasan khusus tenaga kesehatan berbasis tim dengan jumlah dan jenis tertentu guna meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan di daerah Tertinggal, Perbatasan, dan Kepulauan (DTKP) serta daerah Bermasalah Kesehatan (DBK)”, Jelas Gondo,

Dikatakan, Kadinkes Fakfak bahwa, dalam upaya penguatan pelayanan kesehatan primer yang fokus pada upaya promotif dan preventif, Kementerian Kesehatan RI meluncurkan Program Nusantara Sehat (NS) sebagai salah satu prioritas kunci lima tahun ke depan.

Menurutnya, Program tersebut bertujuan mewujudkan layanan kesehatan primer yang dapat dijangkau oleh setiap anggota masyarakat, terutama oleh mereka yang berada di wilayah-wilayah terpencil di berbagai pelosok Nusantara.

“Kami tentunya akan menjamin keselamatan tenaga kesehatan selama melakukan tugasnya dan mendukung program Nusantara Sehat ini. Selain melakukan pelatihan, kami juga akan tambah Kepala.Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak.

“Kita berharap tantangan program kesehatan yang dihadapi di Kabupaten Fakfak bisa diselesaikan dalam era pembangunan 2021 ini.

Karena itu, kita perlu memberi perhatian kepada kesehatan, termasuk dengan mendukung program Nasional Vaksinasi Covid-19 dan Program Nusantara Sehat. (rls/ret)

About admin

Check Also

Perlu 76,7 Ribu Suntikan Dosis 1 dan 2 Agar Fakfak Capai Target Vaksinasi

Laporan : Rustam Rettob / Wartawan. Fakfak – Pemerintah Kabupaten Fakfak, masih terus mengejar cakupan ...

Puluhan Ribu Dosis Vaksin Senilai Rp. 21 Miliar Dikucurkan bp Indonesia

JAKARTA – bp Indonesia mendonasikan 50.000 dosis vaksin COVID-19 senilai kurang lebih 21 miliar rupiah ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!