Home / Polkam / Tok..!Gugatan Yusril Ditolak MA, AFU Terpilih Sebagai Ketua DPW Partai Demokrat Papua Barat

Tok..!Gugatan Yusril Ditolak MA, AFU Terpilih Sebagai Ketua DPW Partai Demokrat Papua Barat

Fakfak – Dua peristiwa emas bagi partai demokrat terukir dalam satu kesempatan yang sama, yaitu, MA Menolak seluruh gugatan Yusril, dan Abdul Faris Umlati terpilih sebagai Ketua DPW Partai Demokrat Papua Barat, dan kejadian ini jatuh pada, selasa, (9/11) kemarin

Bahwa, Mahkamah Agung memutuskan menolak pengajuan JR AD/ART Partai Demokrat Era AHY yang diajukan 4 Kader Demokrat melalu kuasa hukum Prof. DR Yusril Ihza Mahendra.

Mahkamah Agung (MA) tidak menerima judicial review atas AD/ART Partai Demokrat (PD) kepengurusan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Pemohon memberikan kuasa kepada Yusril Ihza Mahendra.

“Menyatakan permohonan keberatan HUM dari Para Pemohon tidak dapat diterima,” kata juru bicara MA, Andi Samsan Nganro, kepada detikcom, Selasa (9/11/2021).

Perkara itu mengantongi nomor 39 P/HUM/2021 dengan pemohon Muh Isnaini Widodo dkk melawan Menkumham dengan objek sengketa AD/ART Partai Demokrat Tahun 2020 yang telah disahkan berdasarkan Keputusan Termohon Nomor M.H-09.AH.11.01 Tahun 2020, tanggal 18 Mei 2020, tentang Pengesahan Perubahan AD ART.

“MA tidak berwenang memeriksa, mengadili dan memutus objek permohonan, karena AD/ART tidak memenuhi unsur sebagai suatu peraturan perundang-undangan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 angka 2 dan Pasal 8 UU PPP,” kata Andi menerangkan alasan majelis tidak menerima judicial review itu.

Berikut ini alasan lainnya, AD/ART Parpol bukan norma hukum yang mengikat umum, tetapi hanya mengikat internal Parpol yang bersangkutan;

Parpol bukanlah lembaga negara, badan atau lembaga yang dibentuk oleh UU atau Pemerintah atas perintah UU, Tidak ada delegasi dari UU yang memerintahkan parpol untuk membentuk peraturan perundang-undangan, “Diputus Selasa, 9 November 2021,” pungkas Andi yang juga Wakil Ketua MA bidang Yudisial itu.

Abdul Faris Umlati Terpilih Sebagai Ketua Partai Demokrat Provinsi Papua Barat Periode 2021-2025.

Bertepatan dengan hari dimana MA menolak seluruh isi gugatan yang dijaukan oleh Yusril Ihza Mahnendra, disaat itu juga, Partai Demokrat di Papua Barat kembali memiliki Nahkoda baru melalui Musyawarah Wilayah Partai Demokrat di Papua Barat.

Muswil yang berlangsung di Sorong – Papua Barat telah memutuskan dan menetapkan Saudara Abdul Faris Umlati yang akrab disapa (Bung AFU) sebagai Ketua DPW Partai Demokrat Papua Barat periode 2021-2025.

Muhamamd Rivai Darus yang merupakan pengurus DPP Partai Demokrat itu juga turut memberikan ucapan selamat kepada Abdul Faris Umlati yang terpilih sebagai Ketua DPW Partai Demokrat periode 2021-2025.

AFU alias Abdul Faris Umlati terpilih melalui suara DPC Kabupaten/Kota di Papua Barat yang berjumlah 13 Daerah, MRD menyampaikan bahwa Partai Demokrat merupakan partai besar di republik indonesia sehingga eksistensinya harus dijaga sepanjang partai ini ada,

Rivai sempat singgung soal kondisi partai demokrat sejak awal tahun 2021 namun hari ini partai besutan AHY tersebut telah menorehkan sejarah secara nasional dimana telah melewati seluruh guncangan yang dilakukan oleh segelintir orang tertentu,

Darus juga meminta kepada seluruh kader partai demokrat di Indonesia, terlebih kepada pengurus agar menyiapkan kader-kader terbaik menyongsong pemilu serentak tahun 2024, sementara AFU tegaskan AHY Capres dari Partai Demokrat Tahun 2024 mendatang. (ret/asp/jbr)

About admin

Check Also

YDH Masih Mempertimbangkan Tawaran Sebagai Ketua DPD – II Golkar Fakfak.

Fakfak – Keputusan DPD Partai Golkar Provinsi maupun Golkar Kabupaten Fakfak terkait wacana pengusulan Yohana ...

Muscab PPP Fakfak Menetapkan Ketua Fermateur, H. Asri : Rebut Hati Masyarakat.

“Besok di DPC PPP Fakfak dan diseluruh papua barat jangan lagi karena ada sentiment pribadi ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!