6.5 C
New York
Minggu, Oktober 27, 2024

Buy now

Kebijakan Strategis Jangka Pendek dan Jangka Panjang Freedy Thie Tangani Banjir di Kaimana

Hasil temuan saya di lapangan menemukan beberapa saluran drainase yang ada tidak berfungsi dengan baik karena mengalami penyumbatan akibat adanya timbunan limbah sampah. Oleh karena itu, saya langsung perintahkan dinas PU untuk segera mengeruk limbah sampah sebagai solusi jangka pendek serta meminta segera melakukan kajian yang komprehensif untuk solusi jangka panjang agar masalah seperti ini tidak terjadi lagi dikemudian hari. salah satunya membuat drainase yang baik.

Kaimana – Bupati Kaimana, Freddy Thie didampingi Wakil Bupatinya, Habsullah Furuada. keduanya turun melihat langsung saat terjadinya banjir yang semakin meluap dibeberapa titik akibat intesitas curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir ini di Kabupaten Kaimana.

Setelah melihat kejadian banjir yang meluap dibeberapa titik hingga sejumlah ruamh warga tergenang di Kaimana, Bupati. Freddy Thie yang didampingi Wakilnya mengajak sejumlah Kepala OPD Teknis terkait setelah melihat secara langsung kejadian tersebut dia memutuskan beberapa langkah dan kebijakan strategis penangananya.

Kebijakan strategis yang dilakukan Bupati Freddy Thie. dan Wakilnya, Hasbullah Furuada ada dua yaitu, pertama, kebijakan Jangka pendek berupa pengerukan pada saluran air agar tidak terjadi penyumbatan sebagai antisipasi tidak terjadi banjir susulan.

Kedua, Pemerintah Daerah Kabupaten Kaimana akan melakukan kajian secara komprehensif untuk membangun drainase yang paten untuk beberapa titik tersebut sehingga kedepan jika intensitas curah hujan kembali terjadi maka bencana ini tidak terjadi lagi seperti saat ini.

Menurut Freedy Thie, langkah ini dilakukan karena musibah banjir yang terjadi selama ini di Kabupaten Kaimana secara terus menerus dan selalu saja berada pada titik yang ditangani saat ini,

Seharusnya kata dia, ketika ada kebijakan pemerintah daerah terhadap hal ini sudah dilakukan maka harapanya tidak lagi terjadi banjir dititik yang sama, artinya penangananya belum terlalu komprehensi dan menyeluruh sehingga terjadi lagi banjir, kedepan hal ini tidak lagi terjadi.

“Kemarin saat hari libur, Sabtu, (9/7), saya besama Ade Wakil Bupati Hasbulla Furuada dan Sekda mengajak beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari Dinas PU, Kepala Distrik Kaimana dan Lurah Krooy untuk turun meninjau secara langsung di beberapa titik lokasi genangan air akibat tingginya intensitas hujan yang terjadi beberapa hari ini.

Hal ini kami lakukan untuk mengetahui sumber masalah yang terjadi sehingga langkah apa yang perlu Pemerintah Daerah (Pemda) lakukan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Hasil temuan saya di lapangan menemukan beberapa saluran drainase yang ada tidak berfungsi dengan baik karena mengalami penyumbatan akibat adanya timbunan limbah sampah.

Oleh karena itu, saya langsung perintahkan dinas PU untuk segera mengeruk limbah sampah sebagai solusi jangka pendek serta meminta segera melakukan kajian yang komprehensif untuk solusi jangka panjang agar masalah seperti ini tidak terjadi lagi dikemudian hari. salah satunya membuat drainase yang baik.

Kajian komprehensif ini harus dilakukan agar kita tau betul masalahnya, ibarat luka di kepala jangan kaki yang justeru kita obati! Saya tidak ingin seperti ini yang terjadi kedepannya! Selain itu, sebagai Kepala Daerah tentunya saya sangat prihatin melihat kondisi pemukiman masyarakat yang tergenang air seperti ini.

Sekali lagi saya mengajak kepada kita semua mari sama-sama kita jaga Kaimana dengan terus menjaga kebersihan lingkungan kita masing-masing. Jaga Kaimana, Jaga Keluarga untuk hidup yang sehat untuk lingkungan yang aman.”, Ujar Bupati Freddy Thie dalam uanggahan di IG. @freeddithie. (ret)

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

[td_block_social_counter facebook="tagdiv" twitter="tagdivofficial" youtube="tagdiv" style="style8 td-social-boxed td-social-font-icons" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9" custom_title="Stay Connected" block_template_id="td_block_template_8" f_header_font_family="712" f_header_font_transform="uppercase" f_header_font_weight="500" f_header_font_size="17" border_color="#dd3333"]
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

error: Content is protected !!