12.2 C
New York
Sabtu, Oktober 26, 2024

Buy now

Sejarah Hari Kesaktian Pancasila, Kapolres Fakfak : Memperkokoh Tegaknya Keutuhan NKRI.

Kapolres Fakfak, AKBP Hendriyana SE, MH saat berintdak selaku Inspektur pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman mapolres Fakfak, sabtu, (1/10) pagi, foto ; Humas Polres Fakfak.

Laporan : Rustam Rettob/Wartawan.

Fakfak – Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Hari Kesaktian Pancasila adalah hari nasional di Indonesia sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967.

Hari Kesaktian Pancasila berkaitan dengan peristiwa G30SPKI. Hari Kesaktian Pancasila untuk memaknai tragedi penculikan dan pembunuhan perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD dalam Gerakan 30 September oleh PKI pada tahun 1965.

Hari Kesaktian Pancasila dapat diperingati oleh seluruh anak bangsa di Indonesia, termasuk Institusi Polri, Polda maupun Polres, seperti halanya Polres Fakfak.

Kapolres Fakfak AKBP Hendriyana, SE, M.H bertindak selaku Inspketur Upacara dalam memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung, sabtu, (1/10) pagi bertempat dihalaman apel Mapolres Fakfak mengatakan dewasa ini bangsa indonesia terus diperhadapkan dengan berbagai tantangan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Pria berpangkat AKBP ini (Kapolres Fakfak, Hendriyana-red) meminta kepada segenap Anggota Polri khususnya di Wilayah Hukum Polres Fakfak untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan demi tegaknya negara kesatuan republik indonesia, “Mari kita perkokoh persatuan dan kesatuan demi tegaknya NKRI”, Harap Hendriyana.

Lanjut Kapolres dalam membacakan ikrar Pancasila yang didalamnya tertuang, “Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam Negeri maupun Luar Negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurang waspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara.

Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai – nilai luhur Ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.”, Terang kapolres Fakfak yang akrab disapa Kaka Hend. dihalaman apel Mapolres Fakfak.

Mengutip dari situs Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober diatur dalam Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tertanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966). pada 24 September 1966, Menteri/Panglima Angkatan Kepolisian memberikan usul agar Hari Kesaktian Pancasila diperingati seluruh jajaran Angkatan Bersenjata.

Selanjutnya, dalam Keputusan Nomor (Kep/B/134/1966) tanggal 29 September 1966, Jenderal Soeharto selaku Menteri menerbitkan Keputusan Menteri Utama Bidang Pertahanan dan Keamanan agar Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh seluruh orde Angkatan Bersenjata. Berdasarkan surat tersebut, upacara peringatan 1 Oktober diperingati oleh seluruh komponen pemerintahan.

Tampak mengheningkan cipta mengenag para arwah pahlawan yang telah gugur mendahului kita, Para Perwira Polres Fakfak seragam lengkap berjejer mengikuti upacara dalam rangka memperingati Hari kesaktian Pancasila, sabtu, (1/10) pagi di halaman apel Polres Fakfak, Foto ; Humas Polres Fakfak.

Kenapa Hari Kesaktian Pancasila Diperingati?

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini ditetapkan dalam Keputusan Presiden RI Nomor 153 Tahun 1967. Keppres ini ditetapkan di oleh Pejabat Presiden Republik Indonesia Jenderal TNI Soeharto. Berdasarkan Keppres No. 153 Tahun 1967, Hari Kesaktian Pancasila diperingati dengan pertimbangan sebagai berikut:

Bahwa berkat kewaspadaan dan daya juang seluruh rakyat Indonesia, pengkhianatan G30S PKI yang akan menghancurkan Pancasila dapat ditumpas dan digagalkan.

Bahwa Hari 1 Oktober dengan demikian memiliki ciri dan corak yang khusus, sebagai suatu hari untuk mempertebal dan meresapkan keyakinan akan kebenaran, keunggulan, serta kesaktian Pancasila sebagai satu-satunya pandangan hidup yang dapat mempersatukan seluruh negara, bangsa, dan rakyat Indonesia.

Bahwa dipandang perlu meningkatkan Surat Keputusan Menteri Panglima Angkatan Darat No.Kep.977/9/1966 tanggal 17 September 1966 dan Surat Menteri Utama Bidang Pertahanan Keamanan No.Kep./B134/1966 tanggal 29 September 1966 menjadi Keputusan Presiden yang menetapkan Hari 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia.

Sebelumnya, Surat Keputusan Menteri Panglima Angkatan Darat No.Kep.977/9/1966 tanggal 17 September 1966 menetapkan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila yang harus diperingati Angkatan Darat.

Sementara itu, Surat Menteri Utama Bidang Pertahanan Keamanan No.Kep./B134/1966 tanggal 29 September 1966 memutuskan bahwa Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh seluruh slagorde Angkatan Bersenjata, seperti dikutip dari Menguak Misteri Sejarah oleh Asvi Warman Adam.

Dikutip dari Pendidikan Kewarganegaraan: Mendidik Generasi Milenial yang Berwawasan Kebangsaan oleh Mali Benyamin Mikhael dkk. Di era Presiden Soeharto selalu diperingati Hari Kesaktian Pancasila setiap 1 Oktober untuk mengenang pahlawan revolusi korban G30S.

Lebih lanjut, Pancasila yang tetap menjadi dasar negara setelah mengalami berbagai kejadian, termasuk G30, kemudian disebut tidak tergantikan. Karena itu, 1 Oktober dijadikan sebagai peringatan Hari Kesaktian Pancasila, seperti dikutip dari Buku Ajar Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi oleh I Made Bagus Adi Purnomo, M.Pd. (ret)

Peserta upacara Hari kesaktian pancasila 1 Oktober 2022 di Polres Fakfak. foto ; Hums Polres Fakfak.

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

[td_block_social_counter facebook="tagdiv" twitter="tagdivofficial" youtube="tagdiv" style="style8 td-social-boxed td-social-font-icons" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9" custom_title="Stay Connected" block_template_id="td_block_template_8" f_header_font_family="712" f_header_font_transform="uppercase" f_header_font_weight="500" f_header_font_size="17" border_color="#dd3333"]
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

error: Content is protected !!