Home / Polkam / Hadiri HUT Kota Fakfak Ke-122, Bupati Mimika Ungkapkan Rasa Haru dan Bahagianya Saat Tiba di Bandara Torea.

Hadiri HUT Kota Fakfak Ke-122, Bupati Mimika Ungkapkan Rasa Haru dan Bahagianya Saat Tiba di Bandara Torea.

Fakfak – Ungkapan rasa haru dan bahagianya Bupati Mimika, Johanes Rettob saat ia bersama puluhan rombongan tiba di Bandara Torea Fakfak, Selasa, (15/11) pagi untuk mengikuti puncak peringatan Hari Jadi Kota Fakfak Ke – 122 Tahun yang berlangsung nanti, rabu, (16/11) pagi, Plt. Bupati ini tiba dari Mimika bersama rombongan menggunakan pesawat carteran Wings Air.

Rasa bahagia tersebut pecah di wajah Plt. Bupati bermarga Rettob itu karena menurutnya, sejak lama ia tidak pernah pulang Fakfak dan sekali ini dia datang dengan jumlah rombongan yang sangat banyak hingga ratusan orang dan dijemput dengan suasana suka cita bersama keluarga besar di Fakfak.

Kebanggan tersendiri yang dimiliki saat tiba di Bandara Torea Fakfak, Bupati Jhon mengemukakan bahwa dia dijemput bahkan disambut dengan penuh kekeluargaan oleh Bupati Fakfak, Untung Tamsil didampingi Sekda Alibaham Temomgmere serta Panitia dan masyarakat yang hadir, mereka disambut secara adat di bandara Torea Fakfak. rasa inilah yang membuat Jhon terharu dan bangga dengan budaya orang fakfak.

Keluar dari ruang VIP Room Bandara Torea Fakfak, Plt. Bupati Mimika yang bercirikhas tinggi mataradaridonesia.com mengatakan bahwa kedatangan dirinya bersama masyarakat mimika yang jumlah mencapai 500-an orang dan siap untuk menyukseskan Hari Jadi Kota Fakfak Ke-122 Tahun dan siap mengisi rangkaian HUT Kota Pala tercinta ini.

“Dulu Kabupaten Mimika ini Kecamatnya Kabupaten Fakfak dan saya sendiri (Johanis Rettob-red) untuk pertama kali menginjakkan kaki di Fakfak ini, saya melihat Fakfak sangat luar biasa dengan kehidupan masyarakat yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan dibalut budaya “Satu Tungku Batu”,

Karena tadi saya disambut dengan sangat luar biasa, perasaan saya bahwa sebagai anak dan saudara yang sudah jauh dan selama ini jarang bertemu sekarang kami datang dan saya sendiri merasa ini pulang kampung”, Singkat Plt. Bupati Mimika sambil melangkahkan kaki menuju kendaraan yang disiapkan.

Dia memberikan apresiasi kepada Pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Fakfak yang telah menyambutnya bersama masyarakat dengan baik dan penuh kekeluargaan, dia yakin dan percaya bahwa Mimika sebagai Kabupaten yang dapat dimekarkan oleh Fakfak tidak mungkin melupakan sejarah dimana Mimika adalah anak dari Kabupaten Fakfak.

“Saya tentu memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati dan Wakil Bupati, serta Sekda dan seluruh masyarakat Fakfak atas sambutan yang luar biasa ini, kami berharap kita terus bersatu kedepan dalam mengisi setiap pembangunan lebih-lebih kita terus jalin hubungan kekeluargaan dengan baik untuk anak dan cucu kita kedepan, Mimika tidak lupa Fakfak dan Fakfak tau bahwa anaknya adalah Mimika”, Ungkap Bupati Mimika.

Pantauan langsung media ini, setibanya Bupati dan rombongan di Hotel Grand Papua setelah dari Bandara, Bupati Mimika dan masyarakat adat yaitu, Lembaga Masyarakat Adat Amungme dan Lembaga Masyarakat Adat Kamoro menghadiri kegiatan Kerapatan Adat mengikuti acara kerapatan adat yang dilaksanakan di kediaman Raja Fatagar, tepatnya di Jalan Izak Telusa, depan Masjid Jam`I Kota.

Mereka menyampaikan isi hati dan kondisi masyarakat adat di Kampung Mimika yang selama ini jarang komunikasi dengan Masyarakat adat di Kabupaten Fakfak, intinya mereka boleh berpisah karena wilayah pemerintahan namun tidak akan mau lepas dari wilayah adat Bomberay,

Karena itu cikal bakal pengusulan pemekaran Provinsi Bomberay Raya yang belakangan disebut Papua Barat Tengah mereka minta Mimika bergabung karena berdasarkan sejarah adat Mimika adalah berada di Wilayah Adat Bomberay bukan wilayah adat lainya

Rencana Bupati juga akan mengikuti acara malam ramah tamah yang akan berlangsung di Gedung Winder tuare fakfak, paginya, Bupati Rettob dan masyarakat Mimika akan menghadiri puncak Hari Jadi Kota Fakfak di rumah negara dimana agenda tersebut adalah sebelum upacara bendera dilaksanakan acara adat seperti (Wewowo) duduk bicara – bicara

Hadir nanti di acara wewowo tersebut adalah, Pemerintah dan Masyarakat Adat Kabupaten Fakfak dan juga pemerintah dan Masyarakat adat Kabupaten Mimika, dan rencana hadir juga Pemerintah dan Masyarakat Adat Kabupaten Kaimana, sementara untuk Pemerintah dan Masyarakat Adat Kabupaten Teluk Bintuni dan Wondama belum terkonfirmasi hadir dalam acara HUT Kota Fakfak Ke-122 ini atau tidak, (ret)

About admin

Check Also

Semangat Kapolri ke Jajaran Brimob Jaga KTT G20 : Ini Kehormatan untuk Kita

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo beserta jajaran melakukan peninjauan langsung ke jajaran Korps Brimob Polri ...

NasDem Jagokan Kadernya Maju Pilkada Fakfak, Marcel Uraikan Alasan DPP Deklarasikan Anies Capres 2024

“Target NasDem, Pileg Menang, Pilpres Menang, Pilgub Papua Barat Menang, dan kami jagokan Kader NasDem ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!