Home / Headline / Kapolres Fakfak Pimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapan Hadapi Bencana Alam, ini 6 Langkah Antisipatif.

Kapolres Fakfak Pimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapan Hadapi Bencana Alam, ini 6 Langkah Antisipatif.

Siaaap Grak.!, Kapolres Fakfak. AKBP Hendriyana, SE., MH berdiri saat memimpin apel gelar pasukan kesiapan hadapi bencana alam, foto ; Humas Polres Fakfak.

Fakfak – Kepolisian Resor Fakfak melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapan menghadapi bencana alam, kamis (17/11) Pukul 09.35 wit – selesai, apel tersebut bertempat di Lapangan Apel Polres Fakfak Jalan Tumburuni No. 1.

Kapolres Fakfak AKBP Hendriyana, SE. MH bertindak selaku Pimpinan Apel, dengan Komandan Apel Ipda Mustakim Batara, SH. kegiatan ini diikuti oleh 1 Pleton TNI AL, 1 Pleton Sat Polairud, 2 Pleton Dalmas Sat Samapta, 1 Pleton Sat Lantas, 1 Pleton Gabungan Staf dan 1 Pleton Sat Intelkam Polres Fakfak.

Berdasarkan keterangan tertulis yang disampaikan kepada mataradarindonesia.com, dalam Apel Gelar Pasukan ini, Kapolres Fakfak membacakan Amanat Kapolda Papua Barat yang dirampungkan menjadi 6 langkah antisipatif diantaranya. :

“Untuk menghadapi fenomena terjadinya bencana alam di akhir tahun 2022 di tengah pandemi Covid -19 tentunya kita harus menyikapi secara sungguh – sungguh dengan siap siaga,

Waspada dan antisipasi sedini mungkin di wilayah daerah Papua Barat termasuk Fakfak pada khususnya yang dalam hal ini memiliki potensi banjir bandang dan tanah longsor dengan segala akibat atau dampak yang dapat menimbulkan jatuhnya korban jiwa maupun kerugian materi dapat ditekan sekecil mungkin.”, Jelasnya.

Dikatakan Kapolres membacakan sambutan tertulis Kapolda Papua Barat, melalui apel kesiapsiagaan tersebut seluruh jajarannya diharapkan benar – benar mampu mempersiapkan diri secara maksimal dengan seluruh sumber daya yang dimiliki baik personil maupun sarana dan prasarana untuk berperan secara aktif dalam rangka penanggulangan bencana alam dan penyebaran Covid – 19.

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada seluruh peserta yang telah hadir untuk bersama sama siap siaga menghadapi ancaman terjadinya bencana alam di wilayah Propinsi Papua Barat.”, Jelas Kapolres dalam membacakan sambutan tertulis Kapolda Papua Barat.

Selanjutnya, beberapa hal sebagai penekanan untuk dijadikan pedoman dalam pelaksanaan tugas terkait kesiapan penanggulangan bencana alam di tengah pandemi Covid – 19 sebagai beriktu” :

Pertama,  siapkan seluruh administrasi atau pilun yang dibutuhkan terkait dengan kesiapan penanggulangan bencan alam.

Kedua, siapkan segala sarana dan prasarana serta bentuk satuan tugas inti dan cadangan yang sewaktu waktu dapat digerakkan ke lokasi terjadinya bencana dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ketiga, Petakan serta pantau setiap perkembangan situasi yang terjadi pada daerah – daerah yang dianggap rawan terjadinya bencana dan penyebaran Covid -19.

Keempat, Lakukan sambang dan beri himbauan kepada warga masyarakat pada daerah yang potensial terkena dampak bencana dengan mempedomani protokol kesehatan.

Kelima, Jalin koordinasi atau sinergi dengan seluruh instansi atau pihak – pihak yang terkait khususnya yang berhubungan dengan pencegahan penyebaran Covid- 19 dan melakukan tindakan lainnya yang bersifat persuasif. dan yang.

Keenam, Laksanakan pelatihan bersama dalam penanganan bencana alam dan penanganan Covid -19 bagi personil Polda Papua Barat dan jajaran beserta instansi terkait lainnya.

“Kami telah melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka kesiapan menghadapi bencana alam di Kabupaten Fakfak. Apel Gelar Pasukan ini digelar secara serentak seluruh Jajaran Polres di Polda Papua Barat, termasuk Polres Fakfak.”, Kata Kapolres Fakfak AKBP Hendriyana, SE. MH melalui Kabag Ops Kompol Wisnu Prasetyo, SH. SIK, (rls/ret)

About admin

Check Also

Polda Papua Barat dan Ratusan Masyarakat Gelar Touring Merah Putih, Simak Pesan Kapolda.

“Kegiatan yang digelar Polda Papua Barat ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional (10 ...

Belasan Ribu Orang Belum Melakukan Perekaman E – KTP, Kuota Kursi di DPRD Fakfak Tidak Bertambah.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Fakfak, Samad Hindom saat berkatifitas diruang kerjanya dengan melakukan penandatanganan berbasis ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!