Home / Metro / Kesehatan / DPR Minta Pembangunan IKN Memperhatikan Aspek Kesehatan, ini Alasanya.

DPR Minta Pembangunan IKN Memperhatikan Aspek Kesehatan, ini Alasanya.

Hari Pers Nasional 2023

Jakarta – Persiapan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dilakukan, salah satunya di aspek kesehatan yang memiliki peranan penting dalam mendukung pembangunan IKN ini. dalam keteranganya tertulisnya yang diterima mataradarindonesia.com.

Menurut Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena bahwa aspek kesehatan harus pastikan, utamanya untuk ribuan pekerja yang akan membangun IKN nanti.

Melki berpendapat bahwa penyiapan fasilitas kesehatan ini harus mendapat dukungan serius, mulai dari tenaga kesehatan, klinik-klinik maupun fasilitas kesehatan lainnya.

“Harus ada dukungan yang benar-benar serius mulai saat ini, dimana tenaga kesehatan termasuk fasilitas, klinik di sektor swasta maupun puskesmasnya, rumah sakit daerah yang harus dioptimalkan.

Sehingga bisa membantu dari aspek kesehatan terhadap semua pekerja yang sedang datang untuk membangun IKN ini,” ungkap Emanuel Melkiades Laka Lena, di Titik Nol Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (02/02) awal bulan lalu.

Dikatakan lebih lanjut bahwa banyak ribuan pekerja yang datang di IKN dan dibutuhkan tenaga-tenaga kesehatan yang memadai.

“Kalau puskesmas disini baru ada, satu puskesmas satu dokter sekarang tentu butuh lebih dari itu, Juga rumah sakit daerah yang ada sekitar IKN dengan tipe B misalnya atau tipe C, atau tipe D, bahkan tipe A, itu semua harus dan butuh di backup untuk bisa membantu agar sektor kesehatan mulai saati ini dan kedepan bisa dioptimalkan dilayanan di IKN ini dan sekitarnya,” ungkapnya.

Melkiades Laka Lena juga sampaikan bahwa sesuai dengan komitmen Kementerian Kesehatan bahwa secara perlahan, dukungan terhadap SDM kesehatan di Provinsi maupun Kabupaten/Kota sekitar IKN akan di support terus sehingga beban kedatangan orang dengan berbagai konsekuensi kesehatan bisa ditangani dengan baik dengan tenaga kesehatan yang memadai.

Komisi IX DPR juga mengharapkan komitmen dari seluruh mitra kerja kesehatan dan jajaran pemerintah daerah, untuk dapat mempercepat pembangunan kesehatan di IKN. “Mudah-mudahan percepatan pembangunan (kesehatan) di IKN bisa berjalan dengan baik”, harap Emanuel Melkiades Laka Lena.

Dalam paparannya, Kementerian Kesehatan sampaikan bahwa selain berfokus pada penyiapan infrastruktur di IKN, Kemenkes juga terus berupaya meningkatkan mutu layanan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) kesehatan di wilayah penyangga.

“Bukan hanya membangun rumah sakit (RS) dari sisi pelayanan rujukan, namun juga membangun Puskesmas (di tingkat pertama) untuk penguatan promotif dan preventifnya. Di samping itu, kita akan perkuat juga surveilans pencegahan penyakit dan laboratorium kesehatannya”, ujar Sekjen Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha.

Sebagaimana diketahui Kemenkes melakukan pemenuhan sarana prasarana dan alat kesehatan di lima Puskesmas yang saat ini berada di wilayah penyangga IKN melalui alokasi DAK Fisik tahun 2022 atau 2023. Dan terdapat dua RS yang berlokasi paling dekat dengan wilayah otorita IKN, yakni RS Sepaku dan RS Aji Batara Agung Dewa Sakti tidak hanya melayani masyarakat, namun juga para pekerja di kawasan IKN. (rls/ret).

About admin

Check Also

Diterbangkan Dengan Pesawat JT 945, Ketua DPRD Fakfak Ikut Delay di Manokwari

Manokwari – Ketua DPRD Fakfak, Siti Rahma Hegemur dikonfirmasi media Ini ikut delay di Manokwari ...

Presiden Dipastikan Resmikan Bandara Siboru, Bahlil : Pak Jokowi Nginap Satu Malam di Fakfak

Menteri Investasi/Kepala BKPM RI. Bahlil Lahadalia, SE, M.Si (Kandidat Doktor) di UI saat tiab di ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!