Home / Metro / Sosbud / Ketua KPU Mendapat Pesan Khusus dari Ketua LMA Fakfak Jelang Pendaftaran Caleg Pemilu 2024.

Ketua KPU Mendapat Pesan Khusus dari Ketua LMA Fakfak Jelang Pendaftaran Caleg Pemilu 2024.

Ketua LMA Fakfak,. F Valentinus Kabes (Kemeja biru), Ketua Dewan Adat Mbaham Matta Fakfak, Demianus Tuturop, terlihat Bupati Fakfak, Untung Tamsil dan Sekda, Alibaham Temongmere dalam suatu prosesi adat belum lama ini, foto ; (dok) rustam rettob/mataradarindonesia.com

Fakfak – Masyarakat Adat mengharapkan KPU Kabupaten Fakfak dalam proses penerimaan Calon Anggota Legislatif pada Pemilu 2024 mendatang setidaknya melestarikan budaya kearifan lokal Fakfak seperti halnya yang dilakukan PAN saat menerima berkas pendaftaran Caleg Kabupaten Fakfak, Sabtu, (19/3) kemarin.

Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Fakfak, F. Valentinus Kabes kepada mataradarindonesia.com mengatakan sebagai salah satu representasi Lembaga kultur di Fakfak. Ia sangat mengapresiasi DPD PAN Kabupaten Fakfak karena dalam proses pendaftaran Bacaleg 2024 didominasi tradisi kearifan budaya lokal Fakfak.

Kabes sangat mengharapkan tidak saja terjadi di PAN. Mungkin juga bisa dipraktekkan di Partai lain dalam rangka melestarikan kearfian budaya lokal fakfak sepanjang masa, termasuk KPU Kabupaten Fakfak, Valen sarankan saat penerimaan pendafataran Caleg suasana itu bisa terlihat disana.

“Secara khusus, selaku Ketua Lembaga Masyarakat Adat Kabupaten Fakfak mengapresiasi kegiatan yang dilakukan DPD PAN hari ini (kemarin-red) bahwa mau melahirkan putra – putri asli fakfak harus diawali dengan prosesi adat dimana daerah tersebut selalu melaksanakan hajat pemilu,

Betul kegiatan tadi (Pendaftaran Caleg PAN – red) pada Pemilu 2024 bernuansa adat sehingga selaku Ketua LMA menyampaikan terima kasih khusus kepada Ketua DPD PAN Fakfak yang telah memfasilitasi Caleg-Caleg mendaftar bernuansa adat budaya lokal fakfak”, Ujar Ketua LMA. Valentinus.

Lanjut disampaikan melihat contoh dari DPD PAN Fakfak, Valentinus Kabes menyarankan kepada semua Partai Politik di Kabupaten Fakfak khususnya anak negeri yang memimpin Parpol dan belum buka pendaftaran sedianya untuk bisa memparketkkan apa yang telah dirintis oleh DPD PAN Kabupaten Fakfak,

“Khusus untuk anak-anak negeri yang saat ini mempimpin partai harap mengikuti apa yang dilakukan oleh PAN Kabupaten Fakfak sehingga kedepan membangun fakfak tentunya lahir dan besar dari anak-anak adat, jadi yang dilakukan PAN tidak keluar dari apa yang menjadi kebiasaan orang fakfak”. Tutur Valentinus.

Ketua LMA Kabupaten Fakfak ini melihat contoh yang dilakukan DPD PAN Kabupaten Fakfak dan telah menghimbau kepada Partai lainya untuk bisa mengikuti jejak tersebut, ia menganjurkan kepada Ketua KPU Kabupaten Fakfak apabila pada saat membuka pendaftaran Caleg bisa menghadirkan Dewan Adat maupun Lembaga Adat di Fakfak.

“Saya juga mau menyampaikan ke Ketua dan Anggota Komisioner KPU Kabupaten Fakfak apabila pada saat membuka pendaftaran Caleg Pemilu 2024 bisa mengahdirkan kami dua lembaga adat yaitu, LMA dan Dewan Adat Mbaham Matta Fakfak sehingga setiap Caleg dibiasakan membaur dan setelah terpilih selalu perjuangkan kepentingan masyarakat adat”, Pesan Ketua LMA Fakfak ditujukan ke KPU Fakfak,

Valen menegaskan bahwa kehadiran dia disaat pendaftaran puluhan Caleg di Partai PAN kemarin bukan mendukung Caleg atau Partai tertentu, selebihnya ia di undang untuk menyaksikan prosesi adat tersebut sehingga penerimaan berkas memang diterima oleh KPPD DPD PAN Fakfak namun selingan pendaftaran tersebut bernuansa adat dan kearifan lokal fakfak.

“Ketua LMA Kabupaten Fakfak inikan semua Partai punya dan yang mencalonkan diri ini adalah anak-anak adat semua sehingga ketika saya diundang maka saya tetap datang menghadiri untuk menyaksikan proses tersebut dengan tardisi budaya adat fakfak, kedepan partai lain membuka pendaftaran bisa mengundang kami seperti halnya dilakukan PAN kami tetap hadir”, Tutup Valentinus Kabes, (ret)

About admin

Check Also

Masyarakat Dua Kecamatan Kesulitan Transportasi ke Tual Pasca Idul Fitri, Minta Perhatian Walikota Tual.

Tual – Masyarakat Dua Kecamatan yakni, Kecamatan Kur dan kecamatan Kur Selatan hingga berita ini ...

Memperoleh SK dari Menkum HAM, Organisasi AMKEI Legal dan Terstruktur.

Jakarta – Angkatan Muda Key atau AMKEY merupakan salah satu Organisasi Pemuda yang mendapat mandate ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!