Home / Pendidikan / Bahlil Pimpin Rapat Persiapan Kunjungan Presiden Jokowi ke Fakfak, Masyarakat Bangga Miliki Bandara Baru

Bahlil Pimpin Rapat Persiapan Kunjungan Presiden Jokowi ke Fakfak, Masyarakat Bangga Miliki Bandara Baru

Menteri Investasi/Kepala BKPM RI. Bahlil Lahadalia, SE, M.Si direncanakan akan memimpin langsung rapat persiapan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Fakfak – Papua Barat dalam rangka meresmikan Pembangunan Banda Udara Siboru Fakfak dan Groundbreaking Pembangunan Pabrik Pupuk di Kampung Fior, Distrik Arguni,

“Kami sangat menanti-nanti beroperasinya bandara ini (Bandara Siboru) karena fasilitasnya bagi penumpang sangat lempang,” Sebut salah satu warga Siboru, Anas Hindom

Fakfak – Rencana kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Fakfak – Papua Barat dalam rangka meresmikan Bandara Siboru Fakfak dan Groundbreaking Pabrik Pupuk semakin dekat, Menteri Bahlil kemudian gerak cepat pimpin rapat persiapan penjemputan

Rencana rapat perdana bertempat diruang tunggu bandara siboru fakfak, rabu, (15/11) siang dipimpin langsung Menteri Investasi/Kepala BKPM RI. Bahlil Lahadalia, hadir diacara rapat tersebut Bupati dan Wakil Bupati Fakfak, Pimpinan dan Anggota DPRD Fakfak serta Kepala OPD di Kabupaten Fakfak

Berdasarkan undangan yang beredar diunggah mataradarindonesia.com, rapat dimulai pukul 13.00 Wit, Menteri Investasi/Kepala BKPM RI. Bahlil Lahadalia yang memimpin rapat tersebut bakal didampingi Pj. Gubernur Papua Barat. Alibaham Temongmere, Bupati Fakfak Untung Tamsil,

“Rapat dengan Menteri Investasi/Kepala BKPM RI. Bahlil Lahadalia, rabu, (15/11) siang pukul 13.00 Wit, bertempat diruang tunggu bandara siboru fakfak dengan agenda : Persiapan kunjungan Bapak Presiden Joko Widodo direncanakan 23 November 2023 dalam rangka peresmian bandara siboru fakfak”, Jelasnya di undangan tersebut

Diketahui, terkait dengan rencana kunjungan peresmian bandara siboru fakfak-Papua barat awalnya ditinjau Bupati Fakfak beserta pimpinan dan Anggota DPRD Fakfak, kemudian Dirjen Perhubungan Udara dan Dirjen Keamanan Udara Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Selanjutnya, Pasca dilantik sebagai Pj Gubernur Papua Barat. Alibaham Temongmere didampingi Bupati dan Wakil Bupati Fakfak dan rombongan OPD Kabupaten maupun Provinsi papua Barat melakukan kunjungan yang sama untuk mengecek kesiapan peresmian yang direncanakan, 23 November 2023 mendatang

Bandara Siboru yang terletak di Kampung Siboru, Kabupaten Fakfak – Provinsi Papua Barat nyatanya menjadi bangunan pertama dengan eskalator di Fakfak. Selain berbagai fasilitas penunjang mulai dari ruang tunggu, terminal kedatangan, kafe, hingga landasan pacu, terdapat pula eskalator di dalam bangunan utama bandara.

“Kami sangat menanti-nanti beroperasinya bandara ini (Bandara Siboru) karena fasilitasnya bagi penumpang sangat lempang,” sebut salah satu warga Siboru, Anas Hindom kepada diktuip media ini

Anas mengatakan, dirinya juga baru pertama kali berkunjung ke Bandar Udara Siboru. Bahkan, ia baru tahu kalau bandara yang akan diresmikan Presiden Jokowi itu dilengkapi eskalator.

“Jujur saya pikir itu awalnya hanya tangga-tangga biasa, tetapi ternyata dilengkapi eskalator untuk ke lantai atas,” ucapnya.

Ia mengaku kagum pula dengan desain interior dan eksterior dari Bandar Udara Siboru Fakfak, sebab sangat mencirikan kearifan lokal masyarakat.

“Semoga dengan adanya bandara ini, kita semua masyarakat Fakfak sama-sama bisa menjaga barang ini untuk awet ke depan, jaga kebersihan dan jangan merusak fasilitas yang sudah dibangun pemerintah,” pesannya.

Selain itu, lelaki murah senyum tersebut juga mengaku bangga karena dikabarkan orang nomor satu di Kabupaten Fakfak akan datang dan meresmikan langsung Bandara Siboru.

“Itu berarti kan Bapak Presiden langsung bisa tiba di kitong (kita) pu kampung, jadi an saja kita akan sampaikan ke bapak soal apa lagi yang harus pemerintah perhatian baik,” tandasnya.

Sekadar diketahui, Bandar Udara Siboru ini memiliki luas terminal 800 Meter persegi, Lalu untuk runway Bandara direncanakan nanti akan dibangun sepanjang 3.600 meter, Hanya saja untuk tahap pertama dibangun 1.600 meter dengan lebar sebesar 30 meter lebih.

Kunjungsn kerja Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS) dan Menteri Investasi/Kepala BKPM RI, Bahlil Lahadalia belum lama ini di Lokasi Bandara siboru fakfak 2021 lalu, foto ; rustam rettob/mataradarindonesia.com

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara, Maria Kristi Endah Murni dan Direktur Keamanan Penerbangan Budi Kurniawan Kresna, mendarat mulus di Bandara Siboru Fakfak dengan menggunakan pesawat tipe jenis Hawker PK – CAR, Rabu (8/11/2023)

Pesawat Hawker PK – CAR yang ditumpani Direktur Jenderal Perhubungan Udara dan Direktur Keamanan Penerbangan, beserta rombongan mendarat mulus di Bandara Siboru setelah melakukan penerbangan selama kurang lebih 50 menit dari Bandara Moses Kilangin Mimika.

Pendaratan pesawat Hawker PK – CAR yang ditumpangi Dirjen Perhubungan Udara dan rombongan di Bandara Siboru merupakan uji coba pendaratan pesawat di landasan pacu Bandara Siboru jelang peresmian oleh Presiden RI Joko Widodo.

Tiba di Bandara Siboru sekitar pukul 09.00  Wit, Maria Kristi Endah Murni dan Budi Kurniawan Kresna serta rombongan disambut Bupati Fakfak Untung Tamsil dan Wakil Bupati Yohana Dina Hindom.

Maria Kristi Endah Murni mengatakan uji coba pendataran pesawat di Bandara Siboru berjalan mulus apa lagi dengan panjang landasan mencapai 1.600 Meter. “Sudah oke banget, tadi landing bagus banget,” kata Kristi Endah Murni.

Sisi safety dan security semua sudah oke, tinggal menunggu suportingnya agar Bandara Siboru setelah diresmikan presiden Jokowi langsung diopersikan.

“Sisi bandara sudah selesai semua, sekarang tinggal menunggu suportingnya dari pemerintah daerah, baik akses jalannya, jaringan telekomunikasinya, sarana air bersih, kalau akses penunjang sudah oke akan segera dioperasikan setelah peresmian nanti,” ujarnya.

Maria Kristi juga berharap sebelum pengoperasian Bandara Siboru nanti sudah ada akses transportasi angkutan umum yang melayani jalur Fakfak – Bandara Siboru.

“Pokoknya pengoperasian menunggu akses penunjang lainnya, yang lain gak bisa kerjakan, ya bantu doa saja,” demikian Maria Kristi Endah Murni sambil tertawa.

Diketahui, Bandara Siboru adalah salah satu proyek strategis nasional (PSN) yang ada di Papua Barat tepatnya di Kabupaten Fakfak, Bandara direncanakan akan diresmikan Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya di Fakfak pada 22 November 2023 mendatang.

Jelang peresmian Bandara Siboru yang sudah semakin dekat, pagi tadi (Rabu, 8/11/2023) dilakukan uji coba pendaratan pesawat tipe Hawker PK – CAR. (ret)

About admin

Check Also

Caleg Golkar dan PKS Dalilkan Selisih Perolehan Suara di Wilayah Papua

Jakarta – Ham Kora selaku calon legislatif dari Partai Golongan Karya (Golkar) mengajukan permohonan Perselisihan ...

Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu, MK Optimis Selesaikan Perkara PHPU Pilpres Selama 14 Hari Kerja

Jakarta – Pada Kamis (21/3/2024) pagi, Mahkamah Konstitusi (MK) resmi menerima permohonan permohonan Perselisihan Hasil ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!