Home / Ekonomi / Keinginan Jokowi Bangun Smelter di Fakfak Ditolak Bupati Mimika, Omelang Ancam Pimpin Demo Tutup Freeport

Keinginan Jokowi Bangun Smelter di Fakfak Ditolak Bupati Mimika, Omelang Ancam Pimpin Demo Tutup Freeport

Jakarta – Presiden RI Joko widodo (RI) menerima kunjungan Chairman Freeport-McMoRan, Ricard Adkerson, di Hotel Waldorf Astoria, Washington D.C., Amerika Serikat (AS), Senin (13/11/2023).

Dalam pertemuan itu, kedua pihak membahas beberapa hal, mulai dari rencana penambahan saham Freeport di Indonesia sebesar 10 persen hingga perpanjangan izin tambang yang telah mencapai tahap akhir.

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, saat ini Freeport tidak hanya melakukan penambangan emas dan tembaga saja, tetapi juga membangun smelter atau pabrik pengolahan biji tambang. Dia menyebut, perusahaan asal Arizona itu berencana membangun smelter baru di Kabupaten Fakfak, Papua barat.

“Freeport punya komitmen membangun juga smelter di Fakfak-Papua Barat, Hal ini tadi disampaikan sangat positif untuk terus kita meningkatkan investasi dari luar negeri untuk membuka lapangan pekerjaan di Indonesia,” kata dia dalam tayangan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (14/11/2023).

Tidak hanya itu, pihak Freeport bersama Jokowi juga membahas investasi di sektor hilirisasi. Erick mengatakan bahwa pihaknya akan segera meresmikan pabrik smelter Freeport di Surabaya pada Desember mendatang.

“Ini investasi yang memang kita hilirisasi, yang tadinya hanya murni pertambangan emas dan cooper, sekarang sudah mulai diturunkan menjadi industrialisasi dengan membuka smelter di Surabaya,” paparnya.

Erick juga menyampaikan bahwa saat ini hubungan perdagangan antara Indonesia dengan AS terus meningkat. Dia bilang, surplus perdagangan kedua negara nyaris mencapai 16 miliar dolar AS atau setara Rp251,2 triliun. Pertumbuhannya beberapa tahun terakhir pun terbilang cepat.

“Investasi AS di Indonesia itu sudah nomor empat sekarang, yang belum pernah terjadi sebelumnya,” tutupnya.

Rencana Pemerintah Pusat dalam hal ini Presiden Joko Widodo diancam Bupati Mimika, Eltinus Omelang, Omelang yang baru saja selesai urusan dengan lembaga anti rasuah KPK karena diduga korupsi menolak bahkan mengancam akan pimpin demo untuk tutup Freeport Indonesia

“Isunya sekarang Freeport akan bangun lagi Smelter dibangun di Fakfak, itu jelas saya secara tegas menolak. Smelter harus bangun di Mimika,” ucap Bupati kepada awak media, di Kantor DPRD Mimika, jalan Cendrawasih,  Rabu (15/11/2023).

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng mengaku kecewa, dan menurutnya seharusnya Smelter dibangun di dekat area operasi tambang emas itu berada.

“Harusnya Freeport bangun smelter itu daerah dimana tambang itu beroperasi, dan anehnya smelter dibangun di Fakfak,  disana daerah gunung dan mau dibangun dimana,” kata Bupati Omaleng.

Omaleng menegaskan Smelter harus dibangun di Mimika yang langsung dekat daerah operasi tambang Freeport. 

Kata Omaleng, masyarakat telah menyiapkan lahan, jika Freeport membangun Smelter di Mimika dan masyarakat telah menyiapkan lahan untuk pembangunan Smelter. *

About admin

Check Also

NasDem Terima Hasil Pemilu 2024, Surya Paloh : Ke MK Untuk Evaluasi, Hak Angket Belum Urgen

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia telah menetapkan hasil Pemilu 2024 baik Pilpres ...

Bahlil Optimis 70 Persen Program Pemerintahan Jokowi Dilanjutkan Prabowo-Gibran

Laporan : Rustam Rettob/Wartawan Fakfak – Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia. Bahlil ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!