Home / Metro / Kesehatan / Kementerian Investasi Gelar Forum Pemberdayaan UMKM Solo Raya yang Berbudaya

Kementerian Investasi Gelar Forum Pemberdayaan UMKM Solo Raya yang Berbudaya

Surakarta – Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bersama denganDewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Kamar Dagangdan Industri Indonesia (Kadin) Surakarta menggelar kegiatanForum Pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Perempuan Mandiri melalui PeningkatanKompetensi dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dekranas di Wuryaningratan, Surakarta pada Selasa pagi(14/5). Kegiatan ini juga sekaligus menjadi salah satu bagiandari rangkaian kegiatan Solo Great Sale ke-10 tahun 2024.

Forum yang dihadiri oleh 300 peserta UMKM Perempuan dariSolo Raya dan sekitarnya ini, diadakan untuk meningkatkankompetensi dan daya saing pelaku UMKM melalui pemberianmateri dan diskusi perihal kiat-kiat meningkatkan bisnisusaha. Ketua Harian Dekranas Tri Tito Karnavian memintaagar semua UMKM di Solo Raya memanfaatkan momentum ini untuk meningkatkan pemasaran produknya.

“UMKM ini bukanlah usaha yang mudah karena umumnyamengalami kesulitan permodalan dan pemasaran. Terimakasih kepada Bu Bahlil yang telah menjembatani BKPM dan UMKM. Semoga kesulitan UMKM dapat terbantu melaluikegiatan-kegiatan ini,” ungkap Tri.

Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas Sri Suparni Bahlilberharap forum ini mampu mendorong pertumbuhan jumlahUMKM Perempuan yang mandiri dan mampu bersaing di pasar global. Ia menekankan agar para pelaku UMKM perempuan tidak segan melakukan kolaborasi untukmemaksimalkan potensi dan mengembangkan usaha.

“Pelaku UMKM Perempuan merupakan bagian yang takterpisahkan dari struktur ekonomi kita. UMKM perempuanmemiliki arti penting dalam memperkuat perekonomiansecara keseluruhan,” ucap Sri Bahlil.

Perempuan, yang juga memiliki peran sebagai ibu rumahtangga, perlu saling mendukung agar mampu bersaing dalampasar yang semakin kompetitif. Ia berharap dengan adanyaforum ini dapat melihat pertumbuhan jumlah UMKM perempuan yang signifikan.

“Kami juga berharap forum ini menjadi pintu untukberkolaborasi antar pelaku UMKM perempuan karena di sinikita dapat berbagi pengetahuan, pengalaman, dan strategi,” ucap Sri.

Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal Iwan Suryana menyatakan bahwa kegiatan ini digelar bersamaandengan rangkaian kegiatan Solo Great Sale ke-10 tahun 2024 untuk membangun ekosistem dunia usaha yang maju dan kompetitif di Kawasan Solo Raya.

“Keikutsertaan Kementerian Investasi/BKPM dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat pembinaan dan pengembangan UMKM ini diharapkan mampu mengembangkan ekosistem usaha di Kota Surakarta, tidak hanya ketika berlangsungnya kegiatanSolo Great Sale tetapi juga berkelanjutan untuk jangkapanjang,” jelas Iwan.

Forum Pemberdayaan UMKM Perempuan Mandiri melaluiPeningkatan Kompetensi dalam rangka HUT ke-44 Dekranasdi Kota Surakarta ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua Harian I Dekranas Loemongga Agus Gumiwang dan KetuaDekranasda Surakarta Selvi Ananda. (rls/ret)

About admin

Check Also

MK Melanggar UUD 1945 Jika Tetap Adili Pelanggaran Pilpres 2024 Bersifat TSM

Oleh : Ali Lubis, SH/Praktisi Hukum Pasangan capres dan cawapres 01 Anies- muhaimin dan 03 ...

DKPP Berhentikan Anggota Bawaslu Paniai-Papua Tengah

Jakarta – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi Pemberhentian Tetap Anggota Bawaslu Kabupaten Paniai ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!