23.8 C
New York
Sabtu, Juli 13, 2024

Buy now

Kongres XXV 2023 Berakhir, Atal Depari Kalah “Dikeroyok” Bangun dan Zul, Tedjo Jabat Ketua DK

Ketua Umum PWI 2023-2028. Hendry Chaerudin Bangun (Baju Batik), Ketua Umum PWI 2018-2023. Atal Sembiring Depari (Kemeja Putih). dan Ketua PWI Kepulauan Riau. Zulmansyah (Rompi PWI berwarna biru) diruang Kongres eL Hotel Royal. Bandung, 26 September 2023. foto ; rustam rettob/mataradarindonesia.com

Laporan : Rustam Rettob/Wartawan.

Bandung – Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang berlangsung 25 – 26 September 2023 di eL Hotel Royal. Bandung telah menetapkan Ketua Umum PWI Pusat terpilih peridoe 2023-2028 yaitu. Hendrik Chaerudin Bangun mengalahkan Incumbent Atal S. Depari.

Atal kalah “dikeroyok” Ketua Umum PWI terpilih periode 2023-2028. Hendrick Chaerudin Bangun dan Zulhamsyah dari Ketua PWI Kepulauan Riau. Atal akhirnya menelan pil pahit akibat kalah pada pemilihan umum di putaran kedua dengan selisih 6 suara sah.

Kongres tersebut sebelumnya dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo. Bertempat di Istana Negara Jakarta. 25 September 2023. pagi yang dihadiri Ketua dan Sekretaris serta Ketua DK PWI Provinsi seluruh Indonesia.

Agenda Kongres PWI XXV kemarin mendengarkan laporan pertanggungjawaban yang disampaikan Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari.

Menyusun program kerja 5 Tahun berikutnya, Adapun agenda utama yaitu pemilihan Ketua Umum yang diikuti 39 PWI Provinsi seluruh Indonesia.

Sesuai pembacaan tata tertib Kongres XXV PWI, muncul 3 Calon Ketua Umum PWI Pusat yakni incumbent. Atas S Depari sebagai pendaftar pertama, lalu Hendry CH Bangun (Mantan Anggota Dewan Pers) dan Zulmansyah (Ketua PWI Riau).

Pemilihan yang berlangsung cukup kondusif dan demokratis itu, diawali dengan pemaparan visi misi ketiga calon. Dalam pemungutan suara secara voting yang berlangsung di El Hotel, Kota Bandung, Selasa (26/09),

Dari total 88 suara, pada putaran pertama, Atal memperoleh 40 suara. Sementara itu, Hendry meraih 39 suara dan Zulmansyah memperoleh 9 suara. sehingga dilakukan pemilihan putaran kedua antara Atal S Depari dan Hendry CH Bangun.

Pada putaran kedua, susul menyusul ketat masih terjadi seperti pada putaran pertama. Namun Hendry berhasil mengungguli Atal dengan raihan, Hendry memperoleh 47 suara dan Atal memperoleh 41 suara.

Sementara Zulmansyah tidak masuk putaran kedua dan suaranya diarahkan untuk memilih Hendry Ch Bangun, Akhirnya Hendri CH Bangun terpilih sebagai Ketua PWI Pusat untuk periode 2023-2028.

“Alhamdulillah, Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh wartawan PWI di Indonesia. Ini sebuah tantangan yang besar untuk mewujudkan visi dan misi PWI kedepannya.

Pemilihan yang berlangsung demokratis dapat dijadikan contoh sebuah demokrasi dan PWI sebagai rumah bersama, PWI harus semakin kompak dan solid,” jelas Hendry.

Sementara itu, Pelaksanaan Kongres XXV Tahun 2023 ini berlangsung aman dan sangat demokratis, diselimuti suasana hangat dan persaudaraan,

Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berlangsung dengan sukses di eL Hotel Royal. Kota Bandung Jawa Barat, 25-26 September 2023.

Pada kongres tersebut, terpilih Hendry Ch Bangun sebagai Ketua PWI periode 2023-2028. Dalam kongres itu, Sasongko Tedjo juga terpilih sebagai Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat.

Atas suksesnya pelaksanaan Kongres XXV PWI, Ketua Umum PWI Periode 2018-2023, Atal S Depari mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta dan peninjau yang telah berkongres dengan suasana damai.

“Alhamdulillah kongres berlansung lancar tanpa ada kendala yang berarti. Terima kasih kepada para peserta dan juga anggota PWI yang telah hadir di Kota Bandung untuk menyemarakan kongres

Terima kasih juga kepada panitia yang telah merencanakan dan melaksanakan kongres sehingga semua bisa berjalan dengan lancar,” imbuhnya.

Hal senada juga dilontarkan Ketua Panitia Kongres XXV PWI, Marten Slamet Susanto. Dia berterima kasih karena para peserta dan seluruh anggaota yang hadir di pelaksanaan kongres.

Menurutnya, para peserta telah menunjukan sikap bermartabat selama pelaksanaan kongres.

“Ini menunjukan bahwa PWI adalah organisasi profesi yang bermartabat dan berintelektual. Kita bisa melaksanakan kongres tanpa ada hambatan,” tutur Marten.

Sedangkan Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat mengaku bangga Jawa Barat bisa menjadi bagian sejarah PWI. Apalagi Kongres XXV di Kota Bandung bisa berlangsung dengan mulus.

“PWI telah memberikan contoh bagaimana proses pemilihan bisa berjalan dengan suasana damai dan penuh kearaban. Alhamdulillah itu terjadi di Kota Bandung,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Terpilih, Hendry Ch Bangun menyatakan akan semaksimal mungkin agar PWI kembali memiliki kejayaan sebagaimana terjadi di masa-masa lalu.

“Kita akan melakukan berbagai kegiatan, khususnya pendidikan atau peningkatan kompetensi,” kata Hendry.

Perlu diketahui, salah satu agenda pada kongres yaitu pemilihan Ketua Umum PWI periode 2023-2028.

Terdapat tiga nama yang lolos sebagai calon setelah melalui proses penjaringan oleh pimpinan sidang yakni Atal Sembiring Depari, Hendry Ch Bangun, dan Zulmansyah Sakedang

Pada proses pemungutan suara pada putaran pertama, Atal memperoleh 40 suara, Hendry (39 suara) dan Zulmansyah (9 suara).

Atas hasil tersebut, pimpinan sidang memerintahkan kepada peserta kongres untuk dilakukan kembali pemilihan suara dengan mekanisme putaran kedua.

Dalam pemilihan putaran kedua, Hendry memperoleh 47 suara, Atal (41 suara).

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

error: Content is protected !!