Home / Metro / Pendidikan / Menko Polhukam : Meningkat dari 2023, Pemerintah Jamin Mudik Idul Fitri 2024 Aman dan Nyaman

Menko Polhukam : Meningkat dari 2023, Pemerintah Jamin Mudik Idul Fitri 2024 Aman dan Nyaman

Merak – Pemerintah menjamin bahwa mudik perayaan Idul Fitri tahun 2024 berjalan dengan aman dan nyaman. Melalui rapat koordinasi, pemerintah bersama dengan aparat mencoba melihat serta memetakan potensi-potensi jalur mudik yang dinilai masih kurang serta mencari solusinya.

“Pemerintah menjamin keamanan para pemudik mulai dari keberangkatan sampai ke tempat tujuan. Demikian juga mudik balik dari tujuan sampai ke tempat asalnya dengan aman dan nyaman,” ujar Menko Polhukam Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto usai meninjau Pelabuhan Merak di Tangerang, Banten, Senin (1/4/2024).

Apa saja yang sudah dipersiapkan di seluruh jalur, baik itu jalur bebas hambatan, jalur jalan nasional, kemudian dermaga? Menko Hadi mengatakan bahwa semuanya sudah dipersiapan, baik itu pos keamanan, pos pelayanan, maupun pos terpadu, sehingga dari kesiapan pengamanan ini akan menjamin para pemudik.

Selain itu, pemerintah dan aparat juga sudah memikirkan apabila terjadi up normal condition, rencana tindakan kontingensi, diantaranya adalah apabila terjadi kemacetan apa yang harus dilakukan, tindakannya adalah dengan mencarikan jalan alternatif. Kemudian, apabila terjadi penumpukan di dermaga juga tindakannya apa? Tindakannya juga disiapkan tempat parkir yang luas.

“Semuanya bisa berjalan dengan baik apabila kita lakukan koordinasi. Hari ini kita lakukan koordinasi, kita coba semuanya, sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik dan termasuk juga bagaimana pelayanan di pelabuhan,” kata Menko Hadi.

Pada kesempatan tersebut, mantan Menteri ATR/BPN ini mengimbau apabila ingin melaksanakan mudik dengan lancar, satu hari sebelum berangkat itu segera membeli tiket dan segera mengisi aplikasi di manifes yang ada di aplikasi masing-masing. Kemudian untuk pemudik yang membawa kendaraan sendiri, apabila memang lelah maka segera berhenti di transit area, di sana disiapkan juga tempat untuk kesehatan, pos-pos informasi, tempat healing, dan sebagainya, sehingga silahkan untuk istirahat saja.

“Kami juga mengingatkan apabila rombongan dengan menggunakan bis pengemudinya agar tidak terlalu ugal-ugalan, kalau memang cape segera istirahat di rest area karena juga untuk keselamatan kita semua,” kata Menko Hadi.

“Mudah-mudahan apa yang kita koordinasikan hari ini, in syaa Allah untuk mudik tahun 2024 ini berjalan dengan aman. Di lapangan juga ada pasukan-pasukan gabungan dari TNI, Polri, Ormas, pramuka, semua siap untuk membantu kelancaran mudik tahun 2024,” sambungnya.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, berdasarkan hasil survei dari Kementerian Perhubungan RI bahwa ada peningkatan 65% terkait dengan yang akan melaksanakan mudik pada tahun ini dibandingkan tahun 2023. Oleh karenanya, kepada semua pemudik diimbau agar mudiknya bisa berjalan aman dan lancar, apabila tidak ada kegiatan bisa melaksanakan mudik lebih awal dan lebih cepat.

“Khusus untuk wilayah ASDP sendiri tentunya sudah ditingkatkan terkait dengan kesiapan menghadapi lonjakan arus mudik. Tentunya di puncak arus mudik bisa mengatur waktu untuk menghindari puncak-puncak arus mudik, yang biasa melaksanakan kegiatan di malam hari bisa bergeser ke siangan hari,” katanya.

Terkait keamanan, apabila masyarakat merasa di dalam perjalanannya khawatir di wilayah tertentu ada kejahatan, maka silahkan melapor ke pos-pos terdekat dan akan dilakukan pengawalan.

Listyo mengatakan jalur arteri saat ini sedang dilakukan perbaikan-perbaikan, termasuk penerangan jalan yang potensial sering terjadi kecelakaan. Selain itu juga tentunya ditambahkan rambu-rambu.

“Kemudian juga informasi-informasi dan sosialisasi sehingga masyarakat betul-betul bisa merasakan perjalanan mudik yang lancar, aman, dan selamat sampai di tujuan masing-masing,” kata Kapolri. (rls/ret)

About admin

Check Also

Lantik Kepengurusan AMKEI 2024-2029, Dito Minta Sukseskan Pemilu 2024

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo melantik kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat ...

Pendidikan dan Fasilitas Kesehatan di Papua jadi Atensi Khusus Prabowo – Gibran

Jayapura – Kampanye terbuka Pasangan 02 Prabowo – Gibran di Jayapura didampingi Bahlil Lahadalia membakar ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!