Home / Metro / Agama / Bupati Fakfak : Santri Harus Menjadi Contoh yang Baik Dalam Masyarakat

Bupati Fakfak : Santri Harus Menjadi Contoh yang Baik Dalam Masyarakat

UNTUNG TAMSIL, S,Sos, M,Si/BUPATI FAKFAK“Santri harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilwi kebaikan, toleransi, dan persaudaraan. Kita juga harus mengingat betapa besar peran santri dalam sejarah perjuangan bangsa ini,”

Fakfak – “Santri harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilwi kebaikan, toleransi, dan persaudaraan.

Kita juga harus mengingat betapa besar peran santri dalam sejarah perjuangan bangsa ini,” petikan sambutan Bupati Fakfak, Untung Tamsil saat memimpin apel hari santri nasional, (22/10) kemarin, di taman STTB.

Apel Hari Santri Nasional tersebut kemarin diselenggarakan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Fakfak dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 22 Oktober 2023.

Dalam arahannya, Utntung menyampaikan bahwa, Presiden Jokowi melalui Keputusan Presiden Nomor 22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai hari Santi.

“Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya resolusi jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan indonesia,”katanya.

Masih terkait Hari Santri Nasional, lanjut dikatakan UT, resolusi jihad kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang diperingati sebagai hari Pahlawan.

“Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita pada setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda.

Sedangkan untuk tahun 2023 ini, peringatan hari santri mengangkat tema Jihad Santri Jayakan Negeri,”ujarnya dihadiri puluhan peserta di Fakfak.

Menurut Orang Nomor Satu di Kabupaten Fakfak ini bahwa jihad dalam islam bukanlah sebatas pertempuran fisik, melainkan perjuangan secara keseluruhan yang mencakup perjuangan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu dan memperbaiki diri.

“Santri harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilwi kebaikan, toleransi, dan persaudaraan.

Kita juga harus mengingat betapa besar peran santri dalam sejarah perjuangan bangsa ini,”pesan Bupati Fakfak Untung Tamsil.

Ia katakan, peringatan hari santri ini menjadi milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

Diakhir arahannya, Bupati Untung Tamsil pun mendoakan para pahlawan terutama dikalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid dan berkontribusi demi kemaslahatan bangsa dan negara.

Turut hadir dalam Apel tersebut, Dandim 1803/Fakfak Letkol Inf Tri Handoko Wicaksono, Kapolres Fakfak AKBP Hendriyana, Tokoh Agama, Para Ulama, Ormas Islam dan tamu undangan lainnya. (ret)

About admin

Check Also

Kapolda Papua Barat Gelar Silaturahmi & Buka Puasa Dengan Tokoh Agama,Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Ormas

Manokwari – Kepolisian Daerah Papua Barat menggelar silaturahmi & buka puasa bersama dengan tokoh agama, ...

PHBI Fakfak Siapkan Empat Titik Tempat Pelaksanaan Sholat IED 1445 H

Fakfak – Ibadah Idul Fitri 1445 H/2024 M beberapa hari lagi, suasana ini mulai terasa ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!