Home / Metro / Kesehatan / Menteri Bahlil Dampingi Presiden Jokowi ke Singapura dan Malaysia, Promosi Pembangunan IKN Hingga MoU.

Menteri Bahlil Dampingi Presiden Jokowi ke Singapura dan Malaysia, Promosi Pembangunan IKN Hingga MoU.

“Ajak Pengusaha Singapura Investasi di IKN, Presiden Jokowi: This is A Golden Opportunity”

Singapura – Menteri Investasi/Kepala BKPM RI. Bahlil Lahadalia terbang ke Singapura mendampingi Presiden Republik Indonesia. Ir. H Joko Widodo bersama Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo beserta sejumlah Menteri Kabinetnya.

Presiden Jokowi bersama rombongan ke Singapura menggunakan Pesawat Kepresidenan RI-1 dan tiba pada Rabu, 7 Juni 2023 tepatnya pukul 10.22 Waktu setempat, atau menempuh waktu kurang lebih 1 Jam dan 30 menit.

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam 30 menit, Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Bandara Internasional Changi, Singapura, Rabu, 7 Juni 2023. Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 mendarat di Bandara Changi sekitar pukul 10.22 waktu setempat.

Setelah turun dari pesawat, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tampak disambut oleh Kepala Protokol Negara Singapura Chia Wei Wen, Deputi Dirjen ASEAN Singapura Karen Ong, Dubes Singapura untuk RI Kwok Fook Seng dan istri,

Kemudian Dubes RI untuk Singapura Suryo Pratomo dan istri, Atase Pertahanan RI Singapura Kolonel Pnb. Achmad Zailani dan istri, serta CEO Temasek Foundation Ng Boon Heong.

Dari bandara, Presiden dan Ibu Iriana kemudian menuju ke Sands Expo & Convention Center, Singapura, untuk menghadiri Ecosperity Week 2023 yang digelar oleh Temasek Foundation.

Presiden dipercayakan menjadi pembicara dan turut mempromosikan investasi Indonesia utamanya di bidang transisi energi, infrastruktur hijau, dan pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Menteri Investasi/Kepala BKPM RI. Bahlil Lahadalia dalam keterangan tertulisnya diterima mataradarindonesia.com, rabu, (7/6) malam menjelaskan bahwa begitu Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Singapura, Presiden langsung menjadi pembicara dalam Ecosperity Week 2023.

Kunjungan tersebut menurut Menteri Investasi/Kepala BKPM RI. Bahlil Lahadalia adalah peluang emas untuk mempromosikan investasi di Indonesia, khususnya dalam bidang transisi energi, infrastruktur hijau, dan pembangunan Ibu Kota Nusantara.

“Di Singapura, Presiden Jokowi menjadi pembicara di acara Ecosperity Week yang diselenggarakan oleh Temasek Foundation untuk mempromosikan investasi di sektor transisi energi, infrastruktur hijau, dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Ecosperity Week 2023 dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari investor, pemerintah, hingga akademisi. Setelahnya, Presiden Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong di Istana Singapura.

Presiden Joko Widodo dan rombongan selepas kunjungan kerja di Singapura, Kepala Negara beserta rombongan langsung melanjutkan kunjungan kerja ke Malaysia untuk kunjungan balasan sekaligus memenuhi undangan PM Malaysia, Anwar Ibrahim untuk menyaksikan beberapa penandatanganan Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU).

Semoga kunjungan ini semakin mempererat hubungan bilateral dengan Singapura dan Malaysia, membuka peluang investasi baru, serta melindungi pekerja migran Indonesia (PMI) yang berada di sana.”, Urai Menteri Investasi/Kepala BKPM RI. Bahlil Lahadalia dalam keterangan tertulisnya,

Sementara Itu :

Presiden Jokowi Ajak Pengusaha Singapura Investasi di IKN.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengajak para investor Singapura menanamkan modalnya untuk pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurut Presiden, ini merupakan kesempatan emas bagi para investor untuk menjadi bagian dalam pembangunan kota dengan konsep kota pintar masa depan berbasis alam.

“Saya sarankan Anda untuk tidak menunggu terlalu lama. Ini adalah kesempatan emas yang sangat menarik di Indonesia dan Anda bisa menjadi bagian di dalamnya,” ucap Presiden Jokowi dalam pidatonya pada Ecosperity Week 2023 yang digelar di Sands Expo and Convention Center, Singapura, pada Rabu (07/06/2023).

Presiden menekankan bahwa Nusantara merupakan tempat yang nyaman, baik untuk berbisnis maupun sebagai tempat tinggal. Saat ini, lanjutnya, pembangunan IKN sudah dimulai dengan pembangunan infrastruktur dasar dan pusat pemerintahan yang ditargetkan rampung tahun depan.

“Untuk sektor swasta, pada tahap awal, kami telah menyiapkan 300 paket investasi dengan total nilai USD2,6 miliar di berbagai bidang seperti perumahan, transportasi, energi, teknologi, dan bidang lainnya,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Presiden menyatakan komitmen Indonesia dalam pengembangan energi hijau dan industri hijau. Hal tersebut diwujudkan dengan pembangunan persemaian di dua lokasi berbeda di Tanah Air sebagai langkah awal pengembangan Nusantara.

“Persemaian dengan kapasitas 16 juta bibit per tahun di Rumpin dan 15 juta bibit per tahun di Mentawir,” kata Presiden.

Selain itu, Presiden meyakini bahwa Indonesia memiliki potensi besar pada energi baru terbarukan mencapai 434 gigawatt dari geotermal, angin, surya, biofuel, dan hidro. Presiden menyebut Indonesia memiliki 4.400 sungai dengan potensi besar seperti Sungai Kayan di Pulau Kalimantan yang menjadi sumber energi hijau bagi Kawasan Industri Hijau di Kalimantan Utara.

“Ini potensi besar untuk menghasilkan produk hijau dari industri hijau yang saat ini menjadi prioritas di sektor hilirisasi, industri manufaktur panel surya dan baterai, serta industri kendaraan listrik,” tambahnya.

Selepas menyampaikan pidatonya, Presiden Jokowi berkesempatan meninjau stan Ibu Kota Nusantara. Di stan tersebut, para pengunjung acara bisa melihat konsep pembangunan IKN dan peluang investasi yang ada.

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo. (rls/ret)

About admin

Check Also

Pemprov Papua Barat Kucurkan Ratusan Paket Sembako ke Masyarakat di Pegaf

Pegaf – Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat kucurkan ratusan paket sembako kepada masyarakat di Kabupaten ...

Hari AIDS Se-Dunia, Pj Gubernur Papua Barat : Ditemukan 969 Kasus HIV

Manokwari – Pada peringatan Hari Aids sedunia tahun 2023 yang berlangsung di Manokwari Provinsi Papua ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!