17.7 C
New York
Minggu, Oktober 27, 2024

Buy now

Menteri Bahlil Mengajak Generasi Penerus Mengamalkan Nilai Pancasila.

Fakfak – Pancasila sebagai dasar negara telah menjadi suatu ideologi yang kokoh dan berakar kuat sebagai kesatuan Republik Indonesia. Pancasila berasal dari bahasa sansekerta yaitu panca berarti lima dan sila yang berarti prinsip. Secara singkat, Pancasila berarti dasar negara bangsa yang memiliki fungsi dalam kehidupan bangsa dan negara.

Tidak hanya itu, Pancasila juga menjadi alat pemersatu bangsa, identitas bangsa, pandangan hidup bernegara dan sumber dari segala hukum dan ilmu pengetahuan yang ada di Indonesia. Pancasila mempunyai lima prinsip diantaranya,

(1) Ketuhanan Yang Maha Esa, (2) Kemanusiaan yang adil dan beradab, (3) Persatuan Indonesia, (4) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan, (5) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tahun bertepatan dengan 1 Oktober dapat dimaknai sebagai momentum bersejarah dimana semua anak bangsa ini tetap menjaga dan memelihara nila-nilai yang terkandungan didalamnya,

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengingatkan kepada semua anak bangsa ini bahwa para pejuang bangsa ini (Indonesia-red) telah mempertahankan Pancasila sebagai Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Keberanian dan Pengorbanan.

Pesan ini mengandung arti para pejuang bangsa ini telah bersusah payah mempertahankan Pancasila sebagai Falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga kita sebagai penerus bangsa ini wajib hukumnya untuk terus menjaga dan memelihara serta mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari.

“Para Pahlawan pejuang bangsa telah mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara indonesia dengan keberanian dan pengorbanan,

Sebagai generasi penerus kita wajib mengingat dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai pondasi dalam berkehidupan.

Teguhkan semangat kebhinekaan untuk menjaga kesatuan dan persatuan dengan rasa cinta, kebanggaan, dan semangat berkarya untuk menjadikan indonesia yang maju”, tulis Bahlil Lahadalia, (Menteri Investasi) dikutip dari akun twiteernya @bahlilahadalia. (ret).

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

[td_block_social_counter facebook="tagdiv" twitter="tagdivofficial" youtube="tagdiv" style="style8 td-social-boxed td-social-font-icons" tdc_css="eyJhbGwiOnsibWFyZ2luLWJvdHRvbSI6IjM4IiwiZGlzcGxheSI6IiJ9LCJwb3J0cmFpdCI6eyJtYXJnaW4tYm90dG9tIjoiMzAiLCJkaXNwbGF5IjoiIn0sInBvcnRyYWl0X21heF93aWR0aCI6MTAxOCwicG9ydHJhaXRfbWluX3dpZHRoIjo3Njh9" custom_title="Stay Connected" block_template_id="td_block_template_8" f_header_font_family="712" f_header_font_transform="uppercase" f_header_font_weight="500" f_header_font_size="17" border_color="#dd3333"]
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

error: Content is protected !!