Home / Hukrim / Keamanan Jelang Kunjungan Wapres di Papua Barat dan Papua Barat Daya Kondusif, Personil TNI/Polri Dilengkapi Alutsista Disiagakan,

Keamanan Jelang Kunjungan Wapres di Papua Barat dan Papua Barat Daya Kondusif, Personil TNI/Polri Dilengkapi Alutsista Disiagakan,

Keamanan jelang Kunjungan Wapres di Papua Barat dan Papua Barat Daya Kondusif, Ribuan personil TNI/Polri dilengkapi Alutsista telah disiagakan, foto ; rustam rettob/mataradarindonesia.com

Laporan : Rustam Rettob/Wartawan.

Fakfak – Pangdam XVIII/Kasuari. Mayjen TNI Gabriel Lema selaku Pangkosatgas atau Panglima Komando Satuan Tugas memimpin Apel Gelar Pasukan di Fakfak, Rabu, 12 Juli 2023 pagi bertempat di Jalan DR Salasa Namudat atau Reklamasi Pantai dalam rangka persiapan Kunjungan Kerja Wakil Presiden. KH Ma`ruf Amin di 4 Kabupaten yakni 3 Kabupaten di Papua Barat. Fakfak, Bintuni, dan Manokwari serta 1 Kota di Papua Barat Daya yaitu, Kota Sorong.

Pangdam XVIII/Kasuari. Mayjen TNI Gabriel Lema ditemui mataradarindonesia.com usai memimpin Apel Gelar Pasukan menjelasakan bahwa Apel Gelar Pasukan yang dilaksanakan adalah utamanya dalam rangka memberikan jaminan keamanan terhadap pelaksanaan kunjungan Wakil Presdien di Wilayah Kodam XVIII/Kasuari yang meliputi 2 Provinsi yaitu Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya.

Dijelaskan Gabriel bahwa personil TNI dari Angkatan Darat maupun Angkatan Laut serta aparat keamanan dari Kepolisian khususnya Polres Fakfak yang telah disiagakan untuk melakukan pengawalan dan pengamanan di Kabupaten Fakfak sebanyak 1.100 personil termasuk 300 personil Polres Fakfak diluar Paspamres (data Kodim 1803/Fakfak).

Dengan dilaksanakanya Apel Gelar Pasukan di Kabupaten Fakfak, kata Pangdam. secara otomatis persiapan pasukan pengamanan di Daerah lainya seperti Kabupaten Bintuni, Kabupaten Manokwari, dan juga Wilayah Kota Sorong. Papua Barat Daya siap memulai pelaksanaan kegiatan pengamanan dalam rangka menyambut kunjungan Wakil Presiden di Papua Barat dan Papua Barat Daya.

“Saat ini 4 Kabupaten yang berada di wilayah Kodam XVIII/Kasuari baik di Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya otomatis kami sudah siapkan melalui Apel Gelar Pasukan, sementara setiap titik kunjungan Wapres. mislanya di Fakfak akan digladikan oleh Pemerintah Daerah setempat.

Kemudian akan berlanjut ke Kabupaten Bintuni, Manokwari dan Sorong, secara umum persiapan personil maupun Alutsista sudah tersiapkan baik dan telah berada diposisi masing-masing titik atau daerah dimana kunjungan dimaksud.”, Jelas Pangdam XVII/Kasuari. Gabriel Lema kepada media ini.

Menurutnya, upacara Gelar Pasukan yang berlangsung di Fakfak, Rabu, 12 Juli 2023 pagi tadi menandakan bahwa persiapan pengamanan secara serentak beserta Alutsistanya siap untuk di operasikan jelang kunjungan Wakil Presiden di Papua Barat dan Papua Barat Daya baik personil TNI maupun Polri.

“Apel Gelar Pasukan di Fakfak secara serentak juga di 2 Daerah lainya di Papua Barat dan 1 daerah di Papua Barat Daya yang akan dikunjungi Pak Wapres, tentu persiapanya tetap akan dan disesuaikan H-1 oleh masing-masing Daerah. Jadi secara umum pesiapan pengamanan kunjungan Wapres di Wilayah Kodam XVIII/Kasuari dinyatakan sudah siap dari sisi keamanan” Terang Pangdam kepada media ini.

Pangdam XVIII/Kasuari berpesan kepada seluruh masyarakat di Papua Barat dan papua Barat Daya terutama daerah sasaran yang dikunjungi Wapres untuk tetap memberikan dukungan agar kunjungan tersebut bisa berlangsung aman dan damai. Tambah Gabriel, dukungan masyarakat adalah wujud kecintaan kita semua dalam membangun kedamaian dan kenyamanan di negeri kita tercinta. (Tanah Papua).

Hadir saat Apel Gelar Pasukan dalam rangka Kunjungan Kerja Wakil Presiden Repbulik Indonesia. KH Ma`ruf Amin, Pangdam XVIII/Kasuari. Mayjend TNI. Gabriel Lema, S.Sos didampingi Bupati Fakfak. Untung Tamsil, Wakil Bupati Fakfak. Yohana Dina Hindom, Danrem 182/JO Fakfak, Kolonel Inf. Hartono, Dandim 1803/Fakfak. Letkol. Inf. Tri Handoko Wicaksono, Kapolres Fakfak. AKBP Hendriayan, SE, Kejari Fakfak. Nixon Nilla Mahua, SH, MH, Sekda Kabupaten Fakfak, Drs Alibaham Tmongmere, MTP.

About admin

Check Also

Tetapkan 16 Tersangka, DPR Minta Kejagung Usut Tuntas Kasus Mafia Timah

Jakarta – Kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) ...

Kewenangan Satgas Percepatan Investasi Memverifikasi 2.078 IUP?, Bahlil : ITU BOHONG BESAR

Jakarta – Menteri Investasi/Kepala BKPM RI. Bahlil Lahadalia memberikan penjelasan sekaligus bantahan didepan puluhan Anggota ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!