Home / Pendidikan / Panglima Mutasi Pangdam XVIII/Kasuari Papua Barat, dan Pangdam XVI/Pattimura Maluku.

Panglima Mutasi Pangdam XVIII/Kasuari Papua Barat, dan Pangdam XVI/Pattimura Maluku.

Jakarta – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memutasi dan merotasi puluhan perwira tinggi di lingkungan Tentara Nasional Indonesia. AD, AL, maupun Angkatan Udara atau AU.

Total ada 96 perwira tinggi yang dimutasi dan dirotasi melalui Surat Keputusan Panglima TNI Nomor : Kep/779/VII/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia, Senin (17/7) tersebut.

Dari puluhan perwira tinggi yang dirotasi dan dimutasi tersebut, ada 7 Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) yang diganti oleh Panglima TNI.

Dikutip dari Kompas.com, ketujuh Pangdam yang diganti yakni Pangdam IX/Udayana. Pangdam IX/Udayana kini dijabat Mayjen Harfendi, menggantikan Mayjen Sonny Aprianto.

Sonny digeser menjadi Asintel Panglima TNI, sementara Harfendi sebelumnya adalah Koorsahli Panglima TNI.

Lalu Pangdam XIII/Merdeka, Pangdam XIII/Merdeka diisi oleh Mayjen Legowo W.R Jatmiko, menggantikan Mayjen Alfret Denny.

Alfret selanjutnya ditunjuk sebagai Irjenad, sedangkan Legowo sebelumnya menjabat Pa Sahli Tk.III KSAD Bidang Intekmil dan Siber.

Pangdam XVI/Pattimura Pangdam XVI/Pattimura diganti, dari Mayjen Ruruh A Setyawibawa ke Mayjen Syafrial.

Ruruh ditunjuk untuk mengisi Pa Sahli Tk.III KSAD Bidang Intekmil dan Siber, sedangkan Syafrial sebelumnya adalah Kaskostrad.

Kemudian Pangdam III/Siliwangi Yudo mengganti Mayjen Kunto Arief Wibowo dengan Mayjen Erwin Djatniko untuk menjabat Pangdam III/Siliwangi.

Kunto akan mengisi jabatan Wadankodilatad, sementara Erwin sebelumnya menjabat Gubernur Akmil.

Selanjutnya Pangdam II/Sriwijaya, Pangdam II/Sriwijaya diganti dari Mayjen Hilman Hadi kepada Mayjen Yanuar Adil.

Hilman selanjutnya ditunjuk menjadi Pa Sahli Tk.III KSAD Bidang Komsos, sedangkan Yanuar sebelumnya menjabat Danpussenkav.

Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen Mochammad Hasan ditunjuk menggantikan Mayjen Achmad Daniel untuk posisi Pangdam I/Bukit Barisan. Daniel ditunjuk jadi Aster KSAD, menggantikan posisi yang ditinggalkan Hasan.

Lalu  Pangdam XVIII/Kasuari Pangdam XVIII/Kasuari kini dijabat Mayjen Ilyas Alamsyah, dari yang sebelumnya dijabat Mayjen Gabriel Lema.

Gabriel selanjutnya digeser sebagai Pa Sahli Tk.III KSAD Bidang Polkamnas, mengisi kursi yang ditinggalkan Ilyas.

Selain itu, dalam mutasi dan rotasi kali ini, Laksamana Yudo juga mengganti Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

Marsdya Henri Alfiandi yang sebelumnya menjabat Kepala Basarnas dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AU dalam rangka pensiun. Posisinya digantikan Marsdya Kusworo yang sebelumnya merupakan Dansesko TNI.

Sementara itu, Dansesko TNI kini dijabat oleh Marsda Samsul Rizal yang sebelumnya merupakan Aspers Panglima TNI.

Aspers Panglima TNI kini diisi oleh Marsda Arif Widianto yang sebelumnya merupakan Tenaga Ahli Pengajar Bidang Hubungan Internasional Lemhannas.

Posisi yang ditinggalkan Marsda Arif diisi oleh Marsda Hesly Paat yang sebelumnya menjabat Pa Sahli Tk.III Bidanf Intekmil dan Siber Panglima TNI.

Posisi yang ditinggalkan Marsda Hesly diisi oleh mantan Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur Kemenko Polhukam Marsma A. Joko Takarianto.

About admin

Check Also

KNPI Sebagai Laboratorium Pemuda Menuju Kepemimpinan Nasional

Fakfak – KNPI atau Komite Nasional Pemuda Indonesia Komite Nasional Pemuda Indonesia merupakan laboratorium pemuda ...

Gibran Optimis Indonesia Menuju King Of World Green Energy, Lanjutkan IKN Genjot Hilirisasi Digital

Jakarta – Acara Debat kedua pasangan Calon Wakil Presiden, Jumat, (22/12) berlangsung aman dan lancar ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!