Home / Ekonomi / Bahlil : PYCH Media Mendorong Kreatifitas dan Usahan Anak Muda Papua.

Bahlil : PYCH Media Mendorong Kreatifitas dan Usahan Anak Muda Papua.

Presiden Joko Widodo didamping Menteri Investasi/Kepala BKPM. Bahlil Lahadali dan sejumlah Menteri lainya di Jayapura sesaat setelah meresmikan PYCH, Selasa, (21/3) kemarin, foto ; Humas Istana Presiden.

Jayapura – Presiden RI. Ir H Joko Widodo atau (Jokowi) meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH), di Kota Jayapura, Selasa (21/03) pagi kemarin. Fasilitas ini memberikan ruang bagi pemuda-pemudi Papua untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi di berbagai bidang yang dimilki oleh anak muda papua/

Pembangunan PYCH merupakan tindak lanjut dari pertemuan di Istana Negara Tahun 2019 silam, antara Presiden Jokowi dan sejumlah anak muda Papua yang memiliki cita-cita untuk meningkatkan kualitas (SDM) di Papua.

Presiden juga mengaku senang melihat produk-produk kreasi dan inovasi anak muda Papua yang ada PYCH, mulai dari produk fesyen, musik, fotografi, peternakan, perikanan, bahkan teknologi platform aplikasi.

“Semuanya ada di PYCH ini, dari mulai tadi (kemarin-red) masuk di pembuatan handphone, pembuatan laptop, kemudian ada podcast, ada studio musik, ada studio untuk fotografi,

Ada juga memamerkan produk-produk yang ada di Tanah Papua dengan kemasan dan packaging, dengan branding yang sangat bagus sekali,” ujarnya.

Presiden menilai keberadaan PYCH sangat tepat untuk menghadapi bonus demografi yang akan dialami Indonesia pada tahun 2035 nanti, di mana penduduk Indonesia akan didominasi oleh usia produktif yang memerlukan wadah dan peluang kerja. keberadaan PYCH akan memacu pengembangan SDM di Tanah Papua.

“Kalau ini diteruskan, jangan-jangan anak-anak muda di provinsi yang lain ketinggalan dengan anak-anak muda di Papua. Ada desainer untuk pakaian-pakaian etnik Papua yang didesain, diberikan warna, sehingga di situ betul-betul diferensiasinya kelihatan sekali. Saya sangat kagum atas kecepatan yang terjadi di sini,” tandasnya.

Ditambahkan Menteri Investasi/Kepala BKPM. Bahlil Lahadalia ketika mendampingi Presiden Jokowi ke Jayapura kemarin mengakui sangat bangga dan haru ketika melihat kreatifitas dan karya cerdas anak-anak muda papua yang kini terus berkembang.

“Mendampingi Bapak Presiden @jokowi meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura yang dibangun untuk memberikan pendampingan usaha maupun kegiatan masyarakat, khususnya bagi generasi muda Papua.

Sanggar ini akan memberikan berbagai pelatihan bagi anak-anak papua yang putus sekolah agar mereka tetap mendapatkan bimbingan dengan berbagai program telah diadakan,

Program-program yang digagas seperti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), sekolah musik dan lagu, serta UMKM. dengan aktifnya anak-anak muda Papua berkegiatan di PYCH ini, kami harapkan dapat mendorong tumbuhnya kreatifitas dan kemajuan usaha mereka.”, Ulasnya.

Bahlil sambungnya bahwa PYCH merupakan salah satu media untuk dapat menampung dan mengembangkan seluruh potensi kreatifitas anak-anak muda papua untuk siap bersaing baik secara nasional bahkan tembus international disegala bidang, harap Bahlil.

“Sanggar ini menjadi salah satu media untuk dapat menampung dan mengembangkan serta menyalurkan semua bakat-bakat terpendam anak-anak muda papua untuk berkembang jauh lebih maju kedepan, dan harapan kitab isa bersaing dengan anak-anak luar baik diskala nasional bahkan international”, Harapnya, (ret)

About admin

Check Also

Ritual Adat Sambut Landing Perdana Wings Air di Bandara Siboru Fakfak – Papua Barat

Wakil Bupati Fakfak. Yohana Dina Hindom berikan kalungan bunga yang terbuat dari biji pala sebagai ...

Diserang Soal Pupuk, Gibran Jawab Perusahaan yang Dikawal Bahlil di Fakfak

Jakarta – Calon Wakil Presiden Nomer Urut 2, Gibran Rakabuming Raka menjawab kritikan dari Muhaimin Iskandar ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!