Home / Headline / Masa Jabatan Pimpinan KPK Diperpanjang, Yusril: Perlu Keppres

Masa Jabatan Pimpinan KPK Diperpanjang, Yusril: Perlu Keppres

Jakarta – Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan uji materi Undang-undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diajukan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron terkait masa jabatan pimpinan KPK.

Setelah dikabulkan permohonan uji materi dimaksud oleh KPK, dengan demikian, masa jabatan pimpinan KPK diubah dari semula empat tahun menjadi lima tahun.

“Mengabulkan permohonan untuk seluruhnya,” kata hakim konstitusi Anwar Usman dalam sidang terbuka yang disiarkan secara daring pasa Kamis (25/5).

Menanggapi hal ini, Pakar Hukum dan Tata Negara Yusril Ihza Mahendra mengungkapkan bahwa putusan MK itu berlaku efektif sejak diucapkan dalam sidang yang terbuka untuk umum.

Sebab, putusan di atas mengandung norma hukum baru, yang mengubah substansi norma pengaturan masa jabatan pimpinan KPK sebagaimana diatur dalam UU KPK yang ada sekarang, maka norma dalam putusan MK tersebut otomatis berlaku efektif sejak diucapkan.

“Konsekuensi dari putusan tersebut adalah Keputusan Presiden (Keppres) tentang pengesahan masa jabatan pimpinan KPK yang ada sekarang harus direvisi dengan mengacu kepada putusan MK,” kata Yusril dalam keterangan tertulisnya dikirim ke mataradarindonesia.com

Yusril menambahkan, dengan kata lain, diperlukan adanya tindakan administratif dibidang hukum adminitrasi negara untuk menindaklanjuti putusan MK tersebut agar berlaku efektif bagi Pimpinan KPK yang ada sekarang.

“Tindakan administratif tersebut dilakukan dengan penerbitan Keputusan Presiden yang baru, yang merevisi masa jabatan pimpinan KPK sekarang dari 4 tahun menjadi 5 tahun,” jelasnya. (rls/ret)

About admin

Check Also

Hadi Mengaku Potensi Teror di Indonesia Tergolong Rendah, Namun Tetap Waspada

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto menyatakan ...

Gugat Hasil Pilpres 2024 ke MK, Mahfud MD : Tidak ada Benarnya KPU Dimata yang Kalah

Fakfak – Dua Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, Anies Rasyid Basedan-Muhaimin Iskandar dan Paslon ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!