Home / Metro / Pemerintahan / Target Pekerjaan Pasar Thumburuni Fakfak Rampung September 2023 Meleset

Target Pekerjaan Pasar Thumburuni Fakfak Rampung September 2023 Meleset

Fakfak – Presiden Joko Widodo direncanakan akan meresmikan Pembangunan Bandara Siboru Fakfak dirangkaikan dengan groundbreaking Pembangunan pabrik pupuk di Wilayah Distrik Kokas dan Arguni.

Sayangnya momentum kehadiran Presiden Jokowi ini tidak termasuk dalam agenda peresmian Pembangunan pasar plaza Thumburuni Fakfak, padahal presiden kabarnya, direncanakan akan bermalam di Fakfak – Papua Barat.

Bupati Fakfak. Untung Tamsil belum lama ini menghadiri undangan rapat terbatas Kementerian Investasi/BKPM RI, Pupuk Kaltim bersama Pemda Fakfak. untuk didengar berbagai persiapan terkait rencana kunjungan Presiden dalam rangka peresmian bandara dimaksud.

baca juga : Ingatkan Pekerja, Pasar Thumburuni Fakfak Harus Dibangun Sesuai Gambar, Bahlil : “Saya Dengar Gaji Karyawan Macet-Macet.” ?

Sejumlah media memberitakan bahwa rapat terbatas di Ruang Rapat Pontianak Gedung Suhartoyo Kementerian Investasi, Jumat (13/10) kemarin. Turut hadir mendampingi Bupati adalah Wakil Bupati Fakfak. Yohana Dina Hindom, Ketua DPRD Fakfak, serta Direksi Pupuk Indonesia dan Pupuk Kaltim.

Bupati sampaikan bahwa rencana peletakan batu pertama pembangunan Pabrik Pupuk, dalam rencanganya ditargetkan akan dilaksanakan pada minggu kedua November mendatang. Didahului dengan Peresmian Bandara Siboru Fakfak.

“Pemkab Fakfak sedang mempersiapkan berkaitan dengan adat masyarakat yang ada di Kabupaten Fakfak, sehingga kami sepulangnya dari Jakarta di minggu depan akan ada pertemuan lagi dengan masyarakat adat, untuk mempersiapkan semuanya,”kata Bupati Fakfak Untung Tamsil di Jakarta dalam keterangan tertulis.

Kata Bupati, dalam rencana Kunjungan Presiden Jokowi di Fakfak pada Minggu ke dua bulan November untuk meresmikan Bandara Siboru dan selanjutnya akan meletakan batu pertama pembangunan pabrik Pupuk.

baca juga : Gubernur Papua Barat Didampingi Bupati Fakfak Tinjau Pasar Thumburuni. Ini Harapan Kaka PW.

Bupati Fakfak juga mengungkapkan bahwa rencana groundbreaking (peletakan batu pertama) pembangunan Pabrik Pupuk Fakfak tersebut akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

Namun, tutur orang nomor satu di Kabupaten Fakfak – Papua barat ini bahwa terkait teknis pelaksanaannya, pihaknya mengaku akan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak Pupuk Kaltim.

Media ini menyoroti bahwa, sangat disayangkan momentum hadirnya orang nomor satu di Republik ini di Fakfak terlewatkan begitu saja karena pastinya setelah resmikan Pembangunan bandara siboru dan groundbreaking pabrik pupuk, akan kembali ke Jakarta, kapan lagi presiden ke Fakfak untuk resmikan pasar thumburuni yang kini sedang dibangun

baca juga : Progress Pembangunan Pasar Thumburuni 60 Persen, Diresmikan Bertepatan Hari Jadi Kota Fakfak Ke – 123.

Sejumlah pihak yang dianggap sangat berkompeten untuk bisa memberikan keterangan terkait dengan alasan keterlambatan pembangunan pasar plaza thumburuni belum rampung hingga September kemarin, mereka hanya bisa membaca pesan watshapp wartawan mataradar namun tidak membalasanya, di telephone juga tidak menjawabnya

Belum lama ini, Menteri Investasi/Kepala BKPM. Bahlil Lahadalia mengunjungi pasar tersebut. Menteri dijanjikan pasar tersebut rampung September 2023, namun kenyataan dilapangan tidak seperti yang dijanjikan kepada orang nomor satu di Kemnetrian Investasi tersebut.

Tidak saja Menteri Investasi, pernah juga pembangunan pasar ini dikunjungi Pj. Gubernur Papua Barat. Paulus Waterpauw didampingi Bupati Fakfak. Untung Tamsil, juga secara terpisah pernah ditinjau oleh Bupati fakfak. Untung Tamsil. ternyata target pihak penyedia meleset dari yang dijanjikan.

baca juga : Meleset September, Peresmian Pasar Thumburuni Fakfak Direncanakan November

Pantauan langsung mataradar dilapangan saat itu, Komisi III DPRD Fakfak juga pernah meninjau langsung pembangunan pasar kebanggaan masyarakat fakfak, Reynhard katakan bahwa pasar tersebut rampung september sehingga bisa diresmikan bertepatan dengan HUT Kota Fakfak Ke-123 Tahun.

“Target kita september sudah rampung, kita rencanakan akan diresmikan bertepatan dengan HUT Kota Fakfak Ke-123 Tahun 2023, selesai pekerjaan tersebut mulai dari konstruksi maupun finishing”, janji Pelaksana lapangan, Reynhard.

Mesikpun progres pekerjaan pasar ini kini terus berjalan namun hampir dipastikan November juga belum bisa diresmikan, jika berkenaan pasar ini akan diresmikan Tahun 2024, kemungkinan, (ret)

 

About admin

Check Also

Mendagri Beberkan Dukungan Pemerintah Untuk Menyukseskan Pemilu 2024

M Tito Karnavian : “Kita Bersyukur karena Pemilu 2024 berlangsung dengan Aman dan Damai” ContentsM ...

Jam Kerja ASN Pemda Fakfak Dipangkas Selama Bulan Suci Ramadhan 1445 H

ContentsM Tito Karnavian :“Kita Bersyukur karena Pemilu 2024 berlangsung dengan Aman dan Damai” Fakfak – ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!