Home / Ekonomi / Tuai Kunjungan Terakhir Janji Rampung Desember 2023, Januari 2024 Pasar Thumburuni Fakfak Diresmikan ?

Tuai Kunjungan Terakhir Janji Rampung Desember 2023, Januari 2024 Pasar Thumburuni Fakfak Diresmikan ?

Progress terkini Pembangunan Pasar Plaza Thumburuni Fakfak – Papua Barat, foto ; rustam rettob/mataradarindonesia.com, Edisi, Senin, 11 Desember 2023

Laporan : Rustam Rettob/Wartawan, Kamis, 14 Desember 2023

Fakfak – Sejak dibangun pasca peletakkan batu pertama oleh Bupati Fakfak. Untung Tamsil didampingi Wakilnya. Yohana Dina Hindom

Setelah sekian persen secara bertahap dibangun pasar ini tuai kunjungan dari sejumlah pejabat diluar fakfak,

Mesikpun setiap saat ditinjau Bupati Fakfak dan Wakil Bupati Fakfak serta pimpinan dan anggota DPRD Fakfak

Kunjungan pertama untuk mendapatkan janji rampungnya pasar ini adalah, Menteri Investasi/Kepala BKPM RI. Bahlil Lahadalia

Menter Investasi ketika itu tiba dipasar tersebut didampingi Bupati Fakfak, Pimpinan dan Anggota Wakil Rakyat Daerah Fakfak

Mereka mendapatkan pernyataan progress pembangunan pasar tersebut dengan target rampung pada September 2023,

“Target kita September, kita rencana rampung dan diresmikan bertepatan dengan HUT Kota Fakfak Ke-123, selesai pekerjaan tersebut mulai dari Konstruksi maupun Finishing”, Kata Pelaksana. Reynhard, 25 Januari 2023

Namun dari hasil target rampungnya pasar yang dibangun baru akibat dibakar pada tahun 2019 itu meleset oleh pihak penyedia.

Setelah kunjungan Menteri Investasi, pasar tersebut dikunjungi pula oleh Mantan Pj Gubernur Papua Barat. Paulus Waterpauw didampingi Bupati Fakfak. Untung Tamsil

Bahkan pernah dikunjungi Kepala Balai Prasaran Permukiman Wilayah Papua Barat. DR Ir. Marsudi, ST, SE, M,Si. pada April 2023.

Selanjutnya Kunjungan Komisi – III DPRD Fakfak, ketika itu dipimpin H Abuthalib Irirbaram bersama anggotannya pihak pelaksana kemudian janji target rampung. November 2023.

“Kita rencanakan akan diresmikan bersamaan dengan Hari Ulang Tahun Kota Fakfak ke – 123”, Kata Pelaksana Pekerjaan Pasar Thumburuni Fakfak. Reynhard. 23 Mei 2023.

Pimpinan pejabat Penjabat Gubernur Papua Barat berganti dari Paulus Waterpauw ke Pj yang baru Alibaham Temongmere, ABT sempatkan waktu kunjungi pasar tersebut.

Alibaham didampingi Wakil Bupati Fakfak. Yohana Dina Hindom, setelah meninjau dari lantai dasar sampai ke Lantai – 4.

Alibaham mendapatkan penjelasan bahwa keterlambatan ini akibat material, namun dia juga menguping langsung dari pihak BPPW bahwa taregt rampung Desember 2024.

William. Selaku penanggungjawab pekerjaan pasar thumburuni fakfak dari Balai Cipta Kerja PUPR Provinsi Papua Barat mengatakan akan rampung Desember 2023

Dia menjaminkan pekerjaan tersebut akan rampung pada Desember 2023 dihadapan Pj Gubernur Papua Barat. Alibaham dan Wakil Bupati Fakfak. Yohana Dina Hindom

Menurut Wiliam, keterlambatan target rampung pasar ini disebabkan hanya karena faktor keterlambatan pengiriman materila dari luar fakfak, belum lagi terhalang cuaca laut.

Waktu itu dia katakan, material yang sudah ada dilapangan sudah sangat mapan dan bertahan hingga sebagian lagi tiba oleh karenanya target penyelesaian pasar ini dipastikan Desember 2023.

“Yang jelas kita optimis rampung pada Desember 2023”, Pernyataan William. Kepala BPPW Papua Barat. 14 November 2023.

Melihat progress yang ada saat ini, akankah pembangunan pasar Plaza Thumburuni Fakfak akan rampung pada Desember 2023 dan diresmikan pada Januari 2024. Kita ikuti perkembangan beberapa hari kedepan.

Diketahui, Sebagai upaya untuk mewujudkan pemerataan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia, pemerintah mewujudkan pembangunan Pasar Thumburuni di Kabupaten Fakfak,

Pembangunan ini dilaksanakan dengan skema Multi Years Contract (MYC) menggunakan (APBN) Tahun Anggaran (TA) 2021-2023, senilai Rp 104 miliar.

Dimulainya pengerjaan Pasar Thumburuni ditandai dengan kegiatan ground breaking pada Rabu (9/2/2022) dan ditargetkan rampung dalam 570 hari pengerjaan.

Adapun Pasar Thumburuni adalah pasar pertama di Pulau Papua yang mengimplementasikan prinsip Bangunan Gedung Hijau (BGH) dengan penerapan Building Information Modelling (BIM).

“Harapan kami, penerapan prinsip bangunan gedung hijau bukan hanya dalam tahap perencanaan, tetapi juga pelaksanaan, serta operasi dan pemeliharaan,” ujar Direktur Prasarana Strategis Essy Asiah, dilansir dari laman resmi Kementerian PUPR, Senin (14/2/2022).

Pasar ini akan berdiri di lahan seluas 9.568 meter persegi dengan luas bangunan sebesar 13.563 meter persegi. Selain itu,

Pasar Thumburuni akan dibangunan dengan ketinggian 4 lantai dan mencakup sejumlah 974 unit los dan 166 unit kios.

Untuk diketahui, pembangunan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Bupati Fakfak. Mohammad Uswanas terkait permohonan pembangunan kembali Pasar Thumburuni yang dibakar 2019 lalu.

Tujuannya adalah untuk mengembalikan fungsi pasar sebagai prasarana perdagangan sekaligus perekonomian rakyat serta menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, dan lebih baik.

Sedangkan harapannya, infrastruktur baru tersebut dapat mengakomodir aktivitas pedagang dan memenuhi kebutuhan pokok, pakaian dan elektronik masyarakat sekitar.

“Tidak lupa agar penyedia jasa melakukan 5T, yaitu Tepat Waktu, Tepat Mutu, Tepat Biaya, Tepat Administrasi dan Tepat Manfaat agar menjadi pasar yang bermanfaat untuk pedagang dan juga rakyat setempat,” pungkas Essy.

About admin

Check Also

Proses Pemilihan Ketua KADIN Papua Barat Dinilai Kurang Bermartabat

Manokwari – Panitia Pendaftaran Pemilihan Ketua Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Papua Barat membuka pendaftaran kepada ...

Bamsoet Minta ARDINDO Dorong Peningkatan Iklim Usaha Nasional

Jakarta – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Asosiasi ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!