Home / Headline / Tunaikan Tugas Negara, 5 Anggota Komisioner KPU Fakfak Periode 2018 – 2023 Demisioner.

Tunaikan Tugas Negara, 5 Anggota Komisioner KPU Fakfak Periode 2018 – 2023 Demisioner.

“Komisioner Terpilih Lanjutkan Tahapan Pemilu 2024, Jaga Netralitas dan Independensi Lembaga KPU serta Penyelanggara”

Lima Anggota Komisioner KPU Kabupaten Fakfak – Papua Barat Periode 2018-2023 yang telah purnabakti, Minggu, 23 Juli 2023. Mereka adalah : Dekry, Ejhon, Herman, Abdon, dan Kerry. foto ; Istimewah.

Laporan : Rustam Rettob/Wartawan.

Fakfak – Tidak ada yang kekal atau abadi, semua hanya bersifat titipan sementara, Waktu berganti tahunpun berlalu. Detak jam didinding jarum ikut bergetar tepat pukul 00.01 Menit Wit, Minggu, 23 Juli 2023 malam. mengantarkan 5 Orang Anggota Komisioner KPU Fakfak Periode 2018-2023 berada dipuncak Akhir Masa Jabatan.

Kelima orang Anggota Komisioner KPU Fakfak – Provinsi Papua Barat yang dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada mereka untuk mengakhiri masa jabatannya periode 2018-2023 adalah.

Dihuru Dekry Radjaloa (Dekry). Ketua merangkap Anggota, Hasanudin Rettob. Divisi Teknis, Herman Bugis. Divisi Hukum., Abdon Retraubun (Abdon) Divisi Data, Yanuarius Kery Meak (Kery) Divisi SDM.

Mereka secara permanen mengakhiri masa jabatan berdasarkan SK. KPU RI yang mana jatuh tempo SK tersebut adalah 23 Juli 2023, pukul 00.01 pada minggu malam.

Setelah masa akhir jabatan dinyatakan selesai maka mereka tidak lagi berwenang menggunakan atribut apapun untuk bertindak selaku dan atasnama KPU Kabupaten Fakfak – Provinsi Papua Barat.

Segala hiruk pikuk perjalanan Pesta Demokrasi di Kabupaten Fakfak telah tertunaikan oleh kelima Komisioner tersebut dibantu Sekretariat KPU Kabupaten Fakfak. yang beralamat di Jalan Kadamber. Wagom Utara.

Bahwa selama ini meskipun disela pelaksanaan tugas penyelenggaraan Pemilu dihantui berbagai masalah, hambatan sekalipun. baik agenda Pileg maupun Pilkada. namun mereka tetap solid menyelesikan tugas-tugas itu.

Pemilu Legistlatif tahun 2019 dinyatakan sukes dilaksanakan, dilanjutkan dengan tahapan pelaksanaan Pemilikuada serentak Kabupaten Fakfak tahun 2020 juga berakhir dengan sukses.

Tahapan yang dilaksanakan kelima Komisioner sampai dengan purnabakti tersebut adalah melaksanakan Verifikasi berkas Administrasi Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Fakfak pada Pemilu 2024,

Selanjutnya masa Verifikasi adminsitrasi perbaikan terjadwal hingga Agustus 2024 dan dapat dilanjutkan kembali oleh Komisioner KPU yang baru periode 2023-2028.

Kemarin mereka memulai dengan tahapan Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol, Penataan Daerah Pemilihan, rekruitman Badan Adhok, Verifikasi DPD, Pemutakhiran Data Pemilih, dan Pencalonan Anggota DPRD FAKFAK

Sebelumnya melaksanakan tahapan Pendataan Daftar Pemilih oleh Petugas Pantarlih serta membuka Pendaftaran Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD Kabupaten Fakfak disamping Pleno penetapan DPT Pemilu 2024.

Sukses melaksanakan tahapan Pemilihan Umum Anggota Legislatif (DPRD) Kabupaten Fakfak Tahun 2019, selanjutnya Pelaksanaan Pemilukada Fakfak Tahun 2020.

Setelah melaksanakan dua agenda tersebut, kelimanya lanjut melaksanakan tahapan persiapan Pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 mendatang,

Mengenai 5 Anggota Komisioner KPU Fakfak terpilih periode 2023-2028 kapan dilantik oleh KPU RI. Informasi yang diperoleh media ini belum ada petunjuk resmi atau undangan dari KPU RI.

Diketahui, bahwa pada seleksi KPU Fakfak yang menghasilkan 5 Anggota Komisioner yang baru terpilih ini. 5 Petahana yang sudah demisioner ini juga ikut seleksi.

Setelah diumumkan dan hasil akhir semuanya dinyatakan gugur dan peluang lain adalah mengikuti seleksi Bawaslu Fakfak sampai saat ini dan sebagian lagi sudah gugur.

Salah satu Anggota Komisioner terpilih KPU Kabupaten Fakfak yang akrab disapa. Hendra Talla dihubungi media ini mengakui belum mendapatkan petunjuk kapan dipanggil/diundang oleh KPU RI agar dilakukan pelantikan., Jelasnya, Sabtu, 22 Juli 2023 kemarin via Ponsel mataradar.

Ketua KPU Kabupaten Fakfak Periode 2018-2023. Dihuru Dekry Radjaloa mengungkapkan, KPU Kabupaten Fakfak adalah salah satu KPU di Papua Barat yang melaksanakan Pemilu serentak 2020 dengan aman dan damai serta lancar hingga selesai.

Sebelumnya Pileg 2019, Harapanya. kata dekry. panggilan pendeknya ini. KPU yang baru periode 2023-2028 bisa mampu mengembalikan marwah lembaga KPU Fakfak kedepan dengan baik sehingga bisa mendapat kepercayaan publik labih meningkat.

“Bahwa KPU Kabupaten Fakfak periode 2018-2023 ini yg melaksanakan pemilu 2019 dan pilkada 2020 dengan sukses, KPU Fakfak satu-satunya daerah yg pelaksanaan Pemilu 2020 kemarin paling aman d indonesia

Kedepan, Komisioner yang baru lebih baik dan mampu mengembalikan marwah KPU. dan juga bisa menjaga nama baik KPU”, Harap Dekry melalui pesan watshappnya.

Terpisah, Salah satu Anggota Komisioner KPU Kabupaten Fakfak Periode 2019-2023. Hasanudin Rettob, S.Pd. dalam postingan facebooknya diunggah mataradarindoensia.com, 18 Juli 2023 kemarin sekira pukul 08.44 Wit. Di like 139 pengikut dan dikomentari 90 orang. berikut pesan dan harapnya.

“Renungan menuju AMJ tgl 23 juli 2023”, Direndahkan tdk mungkin jadi sampah disanjung tdk mungkin jadi rembulan maka jangan risaukan omongan orang, sebab setiap orang membacamu dengan pemahaman dan pengalaman yg berbeda

Teruslah melangkah selama engkau di jalan yg benar meski terkadang kebaikan tidak selalu dihargai tdk usah repot” menjelaskan tentang dirimu sebab yg menyukaimu tdk butuh itu dan yg membencimu tdk percaya itu

Hidup itu bukan tentang siapa yg terbaik tapi tentang siapa yg mau berbuat baik, jika di zalimi orang jng berpikir utk membalas dendam tapi berpikirlah cara membalas dengan kebaikan

Karena Rabb kita maha baik dan tanamkan agar orang lain juga mendapatkan kebaikan sebagaimana yg kita peroleh dari yg maha baik”. Katanya diunggah mataradar. Minggu, 23 Juli 2023.

Komisioner Terpilih Lanjutkan Tahapan Pemilu 2024, Jaga Netralitas dan Independensi Lembaga KPU serta Penyelanggara.

Setelah dilantik oleh KPU RI. 5 Anggota Komisioner KPU Kabupaten Fakfak Peridoe 2023-2028 akan melanjutkan sisa tahapan yang ditinggalkan oleh 5 Anggota Komisioner Purnabhakti tersebut antara lain.

Pelaksanaan Pencermatan dan Penetapan Daftar Calon Sementara atau DCS yang diperkirakan akan ditetapkan pada bulan Agustus 2023 besok, kemudian dilanjutkan dengan Pelaksaan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sekitar bulan Oktober 2023.

Nantinya, sebelum pelaksanaan tahapan pencermatan DCS pada tanggal 6 Agustus 2023 akan di serahkan BA (Berita Acara) hasil Verifikasi administrasi perbaikan kepada Partai Politik Peserta pemilu 2024 yang mana tugas penyerahan tersebut oleh Komisioner KPU yang baru dilantik.

Sementara mengenai Pelaksanaan Penetapan Daftar Pemilijh Tambahan (DPTb) kini sedang berlangsung, selepas dari itu dilanjutkan dengan Persiapan Pelaksanaan Masa Kampanye dan memasuki Kampanye serta Agenda selanjutnya.

Catatan mataradar. Demokrasi Fakfak berakhir Petaka. publik sangat berharap agar Anggota Komisioner KPU Kabupaten Fakfak periode 2023-2028 menjaga netralitas serta Independensi lembaga penyelangara Pemilu KPU Kabupaten Fakfak kedepan.

Hindari adanya kecurangan baik dalam hal pelaksanaan pemilu dan pemungutan suara serta tertib dalam melakukan pengelolaan terhadap keuangan negara agar tidak terjadi persoalan hukum dikemudian hari.

About admin

Check Also

Hadi Mengaku Potensi Teror di Indonesia Tergolong Rendah, Namun Tetap Waspada

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto menyatakan ...

Gugat Hasil Pilpres 2024 ke MK, Mahfud MD : Tidak ada Benarnya KPU Dimata yang Kalah

Fakfak – Dua Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden, Anies Rasyid Basedan-Muhaimin Iskandar dan Paslon ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!