Home / Hukrim / Kasad Jelaskan Pelibatan TNI Dalam Pemilu 2024

Kasad Jelaskan Pelibatan TNI Dalam Pemilu 2024

Jakarta – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., menegaskan bahwa pelibatan TNI AD dalam pengamanan Pemilu 2024 adalah bersifat perbantuan kepada Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Hal tersebut disampaikan Kasad, saat mendampingi Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E, M.Si. meninjau Apel Gelar Pengamanan Pemilu Tahun 2024 yang digelar di Taxi Way Eco Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (1/2) kemarin diunggah media ini.

Menjawab pertanyaan wartawan terkait pengelolaan dana anggaran pengamanan Pemilu 2024, Kasad meminta para awak media menanyakan langsung hal tersebut kepada Polri, khususnya Polda, selaku pemegang anggaran. Sementara TNI AD hanya akan berfokus pada fungsi Pembinaan personel yang akan diterjunkan membantu Polri nantinya.

“Saya kan Angkatan Darat, sifatnya pembinaan. Jadi nanti Polda membutuhkan sekian orang untuk cadangan, nah cadangan ini nanti dihitung, perlu apa saja. Makannya, operasionalnya, nanti lapor ke Polda. Polda yang mengeluarkan (dukungan dananya), kalau angkanya nggak tahu,“ jelas Kasad.

Apel yang diikuti 2.360 personel TNI dari tiga matra kemarin, juga dilaksanakan secara daring melalui Video Conference dengan seluruh Kotama TNI. TNI akan menerjunkan 446.219 personel di seluruh Indonesia dalam rangka pengamanan tahapan Pemilu 2024.

Pangdam Jaya Mayjen TNI Muhammad Hasan memimpin Apel Gelar Pengamanan Pemilu Tahun 2024 yang digelar di Halim Perdana Kusuma, Jakarta ini dengan tujuan untuk menyatukan persepsi seluruh personel terkait dan sebagai pedoman dalam mengatasi kendala di lapangan saat melaksanakan pengamanan Pemilu, dengan tetap berpegang teguh pada netralitas TNI.

Rangkaian kegiatan hari itu juga diisi dengan aksi demonstrasi penanganan kerusuhan massa, yang melibatkan satuan penanggulangan Huru-Hara TNI sebagai pasukan perbantuan Polri. Ada pula kegiatan makan bersama Panglima TNI beserta para Kepala Staf Angkatan dan pejabat TNI lainnya, dengan para prajurit peserta Apel dan awak media yang hadir. (Dispenad/ret)

About admin

Check Also

Hasil Suap Moso Dibagi-bagi Sebelum Ditangkap KPK, Kualitaskah Audit BPK Papua Barat Selama Ini?

Yan Piet Moso, Pj Bupati Sorong : “Supaya melayani kebutuhan BPK, nanti tolong lihat hotel ...

Pemilu 2024, Berikan Peluang Kursi DPR RI Dapil Papua Barat Kepada Anak Asli Papua

Ketua DPC PDI Perjuangan. Hermus Indow dalam satu kesempatan belum lama ini di Manokwari dalam ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!