Home / Metro / Agama / PHBI Fakfak Siapkan Empat Titik Tempat Pelaksanaan Sholat IED 1445 H

PHBI Fakfak Siapkan Empat Titik Tempat Pelaksanaan Sholat IED 1445 H

Fakfak – Ibadah Idul Fitri 1445 H/2024 M beberapa hari lagi, suasana ini mulai terasa dari Kota sampai ke Kampung-Kampung yang ada di Kabupaten Fakfak terkait persiapan pelaksanaan Sholat Idul Fitri.

Mulai dari Persiapan perlengkapan dan akomodasi Masjid, Tahapan pelaksanaan Sholat Idul Fitri. Termasuk persiapan Imam bahkan persiapan proses Khotib yang akan menyampaikan Khutbahnya.

Menyangkut pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1445 H/2024 M, Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Fakfak rencanakan untuk melaksanakan ibadah sholat IED yang dipusatkan pada empat tempat atau lokasi yang berbeda.

Lokasi atau tempat pertama yaitu, Masjid Agung Baitul Makmur Kabupaten Fakfak, kemudian lokasi yang kedua adalah. Stadion 16 November. Puncak Onim Fakfak,

Selanjutnya lokasi ketiga adalah Masjid Jam`I Kota. serta lokasi keempat adalah Masjid Pasar Torea atau Kampung Dulan Pokpok-Distrik Pariwari

Rencananya, yang bertindak selaku Imam di Masjid Agung Baitul Makmur Fakfak adalah H. Ismail Iha. keseharianya sebagai (Imam Masjid Raya)

Selanjutnya direncanakan yang bertindak selaku Khotib di Masjid Agung Baitul Makmur Fakfak ini adalah Habib Hasan Bin Tahir. Putra dari Yahya Bin Tahir. Pegawai Kemenag Fakfak.

Lokasi Stadion 16 November direncanakan yang bertindak selaku Imam adalah Imam Masjid Besar Al-Munawwarah Fakfak. Hanafi Katmas. dan Khotibnya rencana akan dipercayakan kepada H. Supriyono Wihel.

Selanjutnya di Masjid Jam`I Kota. rencananya Imam adalah Imam Masjid Jam`I Kota, kemudian yang bertindak selaku Khotib kabarnya akan dipercayakan kepada Mantan Plt. Sekwan. DPRD Fakfak. Ust. Jabar Uswanas.

Terakhir, Masjid Pasar Torea. Kampung Dulan Pokpok. Imam adalah Imam Masjid Pasar Torea setempat dan yang akan bertindak selaku Khotib disiapkan 2 orang yakni H. Jumroni dan H. Mustagfirin.

Sebelum pelaksanaan Sholat IED diawali dengan Takbir keliling menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat yang diikuti oleh Pemerintah dan seluruh komponen masyarakat fakfak

Direncanakan pelaksanaan Pawai Umum ini mengambil titik start dari arah Bandara Torea melewati beberapa titik jalan di Kabupaten Fakfak dan Finish rencana di reklamasi. Jln DR Salasa Namudat.

Berikut penjelasan Ketua PHBI (Paniti Hari-Hari Besar Islam) Kabupaten Fakfak. Mohjak Rengen ketika dihubungi mataradarindonesia.com, rabu, (3/4/2024. Via ponsel selulernya siang ini.

“Berdasarkan Rapat Peemerintah dan Pengurus PHBI Kabupaten Fakfak, Jumat, 29 Maret 2024 kemarin bahwa pelaksanaan Ibadah Sholat IED kami rencanakan 4 lokasi/tempat yaitu.

Masjid Agung Baitul Makmur Fakfak, Stadion 16 November, Masjid Jam`i Kota dan Masjid Pasar Torea. Kampung Dulan Pokpok.

Kami sudah rencanakan Imam maupun Khotib masing-Masing lokasi atau tempat pelaksanaan Sholat IED dan segara akan kami koordinasikan semua. baik petugas Imam maupun Khotibnya.

Kemudian untuk Pawai. akan kami rencanakan mengambil titik start dari Bandara Torea Fakfak (bandara Lama) dan melewati beberapa titik yang sedang kami koordinasikan. finish juga kami nanti putuskan”, Jelasnya.

Bupati Fakfak. Untung Tamsil dan istri tercintanya beserta keluarganya akan melaksanakan sholat Idul Fitri 1445 H di Satdion 16 November Jazira Onim Fakfak.

Diketahui juga bahwa, dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriyah/ 2024 Masehi kemarin Pengurus Hari-hari Besar Islam/PHBI bersema Pemerintah Daerah Kabupaten Fakfak.

Melaksanakan Tabligh Gaung sebagai bentuk persiapan menyambut Bulan Suci Ramadhan1445 Hijriyah. Tabligh Gaung tersebut  di pusatkan di Taman Satu Tungku Tiga Batu.

Selain itu juga menggelar peringatan Nuzulul Qur’an 1445 Hijriah 2024 Masehi, di Masjid Agung Baitul Makmur Fakfak.

Peringatan Nuzulul Qur’an 1445 Hijriah kali ini mengusung tema “Dengan memperingati Nuzulul Qur’an. kita tingkatkan masyarakat Fakfak yang Religius”.

Dalam rangka memperingati turunnya Al-Quran atau Nuzulul Qur`an pada malam 17 Ramadhan 1445 hijriah

PHBI kemarin juga telah dilaksanakan rengkaian kegiatan lomba. yakni lomba hafalan surat pendek dan lomba adzan tingkat SD dan SMP.

Yahya Sarwadan menambahkan, PHBI sendiri telah mengadakan berbagai kegiatan dalam rangka memperingati hari-hari besar islam di Fakfak.

Seperti memasuki bulan suci ramadhan dan kegiatan di bulan ramadhan hingga pelaksanaan shalat idul fitri 1445 hijriah nantinya. (ret)

About admin

Check Also

Indonesia Raih Peringkat III MTQ Tingkat International Ke – 40 di Iran

Jakarta – Indonesia kembali menorehkan prestasi di dunia Tilawah Qur’an Internasional. Nuriah Jurian Arga, asal ...

KUA Bakal jadi Tempat Nikah Semua Agama, Bukan Hanya Islam

Jakarta – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mangatakan, Kantor Urusan Agama (KUA) selain menjadi tempat ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!