Home / Polkam / Tiga Nama Berpeluang Kuat Masuk Bursa Calon Wakil Bupati Fakfak 2024

Tiga Nama Berpeluang Kuat Masuk Bursa Calon Wakil Bupati Fakfak 2024

Fakfak (Wacana) – Tidak disangka partisipasi figur – figur Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah menuju Pilkada Fakfak di Tahun 2024 ini cukup tinggi jika dibandingkan dengan musim politik Pilkada Fakfak Tahun 2010 lalu.

Bahwa Pilkada Fakfak Tahun 2010 lalu jumlah pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati yang bertarung dalam kontestasi tersebut sebanyak 5 Pasangan yaitu. Pasangan SAHABAT, MODO, YONMA, HAJI, A LALA.

Sementara untuk Pilkada Fakfak Tahun 2024 ini meningkat yakni, Pasangan Untung Tamsil-Yohana Dina Hindom, Pasangan Independen. Immanuel Komber-Rico Thie. Balon Samaun Dahlan, Abdul Razak Rengen, Saleh Siknun, dan Chaerudin Pawiloy.

Hingga berita ini diturunkan sebanyak 4 Bakal Calon Bupati Fakfak yang belum menentukan Pasangan Calon Wakilnya untuk menyiapkan diri rebut kursi empuk musim politik 5 tahunan ini

Bakal Calon Bupati Fakfak 2024 yang belum menentukan pilihan Calon Wakil adalah, Samaun Dahlan, Saleh Siknun, Abdul Razak Ibrahim Rengen, dan Chaerudin Pawiloy.

Sementara nama-nama Bakal Calon Wakil Bupati Fakfak yang terlihat cukup ramai dibicarakan adalah, Mantan Wakil Bupati Fakfak. Donatus Nimbitkendik, Cyrilius Adopak, dan Demianus Tuturop.

Donatus Nimbitkendik adalah orang yang terkenal dan dikenal di Kabupaten Fakfak – Papua Barat. sepak terjang pria yang sangat tau dan paham tentang dunia pemerintahan ini mentener didunia perpolitik Pilkada Fakfak usai berpasangan dengan Mantan Bupati Fakfak. Mohammad Uswanas.

Ia pernah maju di Pilkada Fakfak Tahun 2015 namun kandas karena tidak memperoleh dukungan rekomendasi partai politik diatas 20 persen, ketika itu dia berpasangan dengan Maman Abdul Rahman, Donatus juga bermain di Pilkada 2020 kemarin namun dukungan KTP juga tidak mencapai.

Lanjut dalam Pilkada 2020. Donatus maju sebagai Calon Bupati Fakfak berpasangan dengan Mustagfirin melalui jalur independent dan tidak lolos karena persyaratan KTP tidak tercapai.

Akhir perjuangan dan koalisi di Tahun 2020 masa kepemimpinan Bupati Fakfak Untung Tamsil dan Yohana Dina Hindom, Nimbitkendik sempat masuk dalam salah satu unsur penting di Pemerintahan UTAYOH yaitu, Tim Khusus Percepatan Pembangunan Daerah.

Masuk Pilkada 2024 ini, nama Donatus Nimbitkendik muncul disebut-sebut. Salah satu yang bakal gaet Donatus untuk berpasangan maju Pilkada Fakfak adalah Balon Bupati Fakfak. Samaun Dahlan setelah menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran di Partai NasDem Fakfak beberapa waktu kemarin.

Samaun kini boboti nama seorang Donatus Nimbitkendik untuk nantinya berpasangan maju di Pilkada Fakfak 2024. Sejauh ini pengakuan Samaun ada komunikasi namun kapan keduanya “Dikawinkan” menunggu waktu yang sangat tepat.

Sementara Bakal Calon Wakil Bupati Fakfak lainya, Cyrilius Adopak, figur anak muda satu ini rekam jejaknya didunia politik cukup matang meskipun beberapa kali kalah dalam pertarungan ini, awalnya menjadi Anggota Bawaslu Kabupaten Fakfak.

Sikap politik Adopak saat Demisioner dari Bawaslu Fakfak adalah menjadi salah satu peserta Calon Bupati Fakfak Tahun 2020 melalui jalur independent berpasangan dengan Peggi Patrisia Pattipi berjargon CEPAT. Adopak pun gugur karena dukungan KTP yang tidak cukup, ketika itu masih aktif sebagai Anggota MRP Papua Barat.

Walaupun sampai saat ini belum ada yang menyebut Mantan Anggota MRP Papua Barat ini secara terbuka di media untuk berpasangan sebagai Wakil Bupati Fakfak 2024 besok akan tetapi beberapa Balon Bupati Fakfak mulai memperbincangkan posisinya.

Hal yang sama seperti Demianus Tuturop, Pak Demi sendiri kini menjabat sebagai Ketua Dewan Adat Mbaham Matta Fakfak, beberapa Bakal Calon Bupati Fakfak sempat menyebut-nyebut nama anak muda yang kini memimpin lembaga kultur ini di Fakfak.

Mereka melihatnya bahwa sangat berpeluang ketika berpasangan dengan Demianus Tuturop. Menurut beberapa Balon Bupati Fakfak, Demianus adalah sosok anak muda Fakfak yang memiliki talenta yang sangat baik dengan memimpin salah satu lembaga kultur di Fakfak.

Kepemimpinan Demianus Tuturop di Lembaga Dewan Adat Mbaham Matta Fakfak setelah Sirzet Gwas Gwas akhirnya tutup usia dan mandat itu kembali diletakkan dipundak Demianus Tuturop untuk melanjutkan kepemimpinan Alm. sampai saat ini.

Semoga ketiga nama yang berpeluang kuat masuk bursa Calon Wakil Bupati Fakfak ini bisa terpilih sebagai pendamping Bakal Calon Bupati lainya untuk maju dan bertarung di Pemilukada 2024 mendatang.

Diketahui, setelah pemilihan presiden dan pemilihan legislatif, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 secara serentak di Indonesia. Pilkada sendiri dilaksanakan untuk memilih Kepala Daerah di Tingkat Provinsi hingga Kabupaten/Kota.

Pilkada diatur berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi UU.

Pelaksanaan Pilkada diatur Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan dibantu Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Kemudian, untuk Tahapan Pilkada 2024 sendiri tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

Semestinya saat ini Tahap Penyelenggaraan yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Fakfak adalah : Pemenuhan Persyaratan Dukungan Pasangan Calon Perseorangan yang berlangsung mulai Minggu, 5 Mei 2024 – Senin, 19 Agustus 2024

Kemudian Pengumuman Pendaftaran Pasangan Calon yang berlangsung mulai Sabtu, 24 Agustus 2024 – Senin, 26 Agustus 2024, selanjutnya Pendaftaran Pasangan Calon dimulai, Selasa, 27 Agustus 2024 – Kamis, 29 Agustus 2024.

Selanjutnya Penelitian Pasangan Calon, Selasa, 27 Agustus 2024 – Sabtu, 21 September 2024, Penetapan Pasangan Calon Selasa, 22 September 2024 – Sabtu, 22 September 2024

Serta Pelaksanaan Kampanye Rabu, 25 September 2024 – Sabtu, 23 November 2024, Pelaksanaan Pemungutan Suara, Rabu, 27 November 2024 – Rabu, 27 November 2024, Penghitungan Suara dan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara, Rabu, 27 November 2024 – Senin, 16 Desember 2024

About admin

Check Also

H-1 Jelang Pengucapan Putusan MK, Pengajuan “Amicus Curiae” Tak Terbendung

Jakarta – Sejumlah masyarakat secara kelompok maupun perorangan masih berdatangan ke Mahkamah Konstitusi (MK) untuk ...

Prabowo Minta Pendukungnya Batalkan Aksi Demo Didepan MK

Jakarta – Presiden terpilih Hasil Pilpres 2024. H Prabowo Subianto dalam vidio amatir yang berhasil ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!