Home / Metro / Pemerintahan / Kunjungi Tanah Papua Selama Sepekan, Wapres Tiba Fakfak Kamis Sore, Berikut Agendanya.

Kunjungi Tanah Papua Selama Sepekan, Wapres Tiba Fakfak Kamis Sore, Berikut Agendanya.

Wapres KH Ma`ruf Amin dalam satu kegiatan belum lama ini di Kabupaten Kaimana dan saat menerima Bupati Fakfak dan para Raja serta Dewan Adata maupun LMA saat menyampaikan usulan aspirasi, foto ; journal telegraf/rustam rettob.

Laporan : Rustam Rettob/Wartawan.

Fakfak – Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma`ruf Amin didampingi Istri tercintanya. Hj. Wury Ma`ruf Amin akan menghabsikan waktu selama kurang lebih satu pekan di Tanah Papua. Termasuk Kabupaten Fakfak – Papua Barat.

Koordinator keamanan dalam rangka kunjungan Wakil Presiden Republik Indonesia. KH Ma`ruf Amin di Fakfak – Papua Barat, Dandim 1803/Fakfak Letkol Inf. Tri Handoko Wicaksono menjelaskan bahwa aparat yang telah disiapkan untuk melakukan pengamanan terhadap kunjungan Wapres sebanyak 1.100 personil, termasuk 300 personil dari Polres Fakfak.

Dandin katakan bahwa personil yang telah disiapkan ini akan dibagikan dalam tugas – tugas pengamanan terutama setiap lokasi kegiatan Wakil Presiden, sebanyak 4 titik lokasi kunjungan Wapres yakni, Jalan Baru, Masjid Agung Baitul Makmur Fakfak, Tempat Pengelolaan Pala, serta tempat nginpa Wapres yaitu Hotel Grand Papua – Fakfak,

Dijelaskan lebih lanjut bahwa selain ribuan peronil TNI/Polri yang telah disiapkan dan dipetakan masing-masing titik lokasi kunjungan, rencananya tiba 2 pesawat membawah Paspampres, rabu, 12 Juli 2023 besok di Bandara Torea Fakfak. tentunya akan kolabirasi dan bentuk sinergitas TNI/Polri akan dibangun sehingga pelaksanaan pengamanan kunjungan Wapres berlangsung aman dan terkendali.

Ditanya kapan dilakukan pendistribusian personil dalam rangka melakukan pengamanan terhadap titik kunjungan Wapres, Tri sapaan Dandim Fakfak katakan bahwa sebaran semua anggota yang melakukan pengamanan mulai Kamis, 13 Juli 2023 jelang tibanya Wakil Presiden di Fakfak – Papua Barat. Tutup Dandim 1803/Fakfak.

Berdasarkan jadwal yang diperoleh mataradarindonesia.com, sebanyak 3 Provinsi menjadi sasaran utama dalam kunjungan kerja orang nomor di republik indonesia ini (Wapres-red) antara lain. Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua Barat Daya.

Diuraikan dalam jadwal tersebut, Wapres mengawali kunjungan dari Kabupaten Mimika yang merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Papua Tengah, Wapres tiba pada Selasa, 11 Juli 2023, pukul 17.50 sore waktu setempat tiba di bandar Udara Mozes Kilangin menggunakan pesawat Boeng TNI AU.

Besoknya, rabu, 12 Juli 2023, Wakil Presiden melakukan sejumlah kegiatan diantaranya, Penyerahan secara simbolis BPJS Ketenagakerjaan bagi Pekerja Rentan OAP kepada 5 Orang Asli Papua, kemudian, Pemaparan Kegiatan Prioritas (Yahukimo Pintar, MPP, Rumah untuk OAP).

Selanjutnya pada pukul 11.20 Wit, Wapres KH. Ma`ruf Amin melakukan kegiatan Presentasi Kegiatan Sosial PT. Freeport Indonesia bertempat di Institut Pertambangan Nemangkawi selanjutnya melakukan Peninjauan Kelas dan Interaksi dengan Pelajar OAP didampingi Presiden Direktur (Tony Wenas) / Wakil Presiden Direktur (Jenpino Ngabdi).

Sementara itu terkait dengan kegiatan yang berlokasi di RSUD Mimika, Wakil Presiden menghadiri kegiatan Presentasi Pelaksanaan Bakti Sosial yang dipimpin Ketua Baksos Kabupaten Mimika (Brigjen TNI (Purn.) Bambang Iryanto), Wapres kemudian meninjau Operasi Katarak (78 orang/105 Biji mata) dan Operasi Bibir Sumbing (11 orang) oleh Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat, Pemda Mimika, PT. Freeport.

Kamis, 13 Juli 2023, Wakil Presiden bergeser ke Kabupaten Nabire. Provinsi Papua Tengah, Tiba di Bandar Udara Douw Aturure, Nabire, Papua Tengah selanjutnya mendengar Pemaparan Progres Bandar Udara Nabire baru,

Selanjutnya Wapres melaksanakan Acara Peletakan Batu Pertama sarana dan prasarana Kantor Pemerintah Provinsi Papua Tengah. Pada pukul 11.45. Pak Kiyai menyapa petani Papua Tengah yang tergabung dalam Himpunan Petani Hebat (HIPETA) yang merupakan binaan Bank Papua.

Selesai dari Papua Tengah, Wakil Presiden dan rombongan mengunjungi Provinsi Papua Barat, Kamis, 13 Juli 2023, dan Take Off Menuju Bandar Udara Torea, Fak Fak, Papua Barat menggunakan Pesawat CN 295, dengan waktu tempuh 1 jam 5 menit, pada pukul 16.05 sore, Wapres dan rombongan tiba di Bandar Udara Torea Fakfak dijemput Gubernur Papua Barat, Bupati Fakfak dan Forkopimda kemudian diantar menuju Hotel Grand Papua – Fakfak untuk beristirahat.

Jumat, 14 Juli 2023, Wakil Presiden KH Ma`ruf Amin mendengar Pemaparan progress Pembangunan Proyek-Proyek Prioritas Kabupaten Fakfak, di Jalan Reklamasi Pantai, setelah itu meninjau Proses Pengelolaan Pala (Rempah) di Jalan Imam Bonjol. Dekat Kampus STIE O&G,  setelah itu Wapres melaksanakan Ibadah Sholat Juma`at di Masjid Agung Baitul Makmur Fakfak dan berkesempatan melakukan pertemuan dengan para ulama.

Pukul 14.15 Wit siang selepas Jum`at, Wapres tinggalkan Fakfak dan menuju Kabupaten Teluk Bintuni, tepatnya di Babo Wapres mendapatkan presentasi proyek-proyek strategis nasional, selanjutnya meninjau kegiatan Pelatihan Tenaga kerja Kemenaker dengan Pemerintah Kabupaten Bintuni dan BP Tangguh,

Sabtu, 15 Juli 2023, agenda kunjungan berikut adalah ke Manokwari, disana Wapres akan Membuka dengan resmi Konferensi Hari Pekabaran Injil (HPI) ke 168 PGGP Se Tanah Papua serta Pemaparan/Launching Proyek-proyek Strategis, kemudian kunjungi Kawasan Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat,

Minggu, 16 Juli 2023, Wapres mengenjungi Sorong – Papua Barat Daya, sejumlah kegiatan yang dilakukan antara lain, Audiensi dengan Pj. Gubernur Papua Barat,Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyrakat Papua Barat Daya,

Senin, 17 Juli 2023, Wapres melaksanakan kegiatan Peletakan Batu Pertama Sentra Sarana Prasarana Pemprov Papua Barat Daya dan Proyek Proyek Prioritas, pukul 12.00 Wit, rombongan Wapres Menuju Bandar Udara Domine Eduard Osok, Sorong, Papua Barat Daya, take off menuju Bandara Halim perdana Kusuma Jakarta, pukul 13.15, dan tiba pukul 15.35 atau 4 Jam 20 Menit.

About admin

Check Also

Bamsoet : Keberadaan Banyak Lembaga Negara Independen Layak Dikaji Ulang

Jakarta – Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan dosen pascasarjana program ...

Pendaftaran Sekolah Kedinasan Telah Dimulai, : “Jangan Percaya Oknum Orang Dalam”

JAKARTA – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menetapkan persetujuan formasi pada delapan instansi ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!